ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SDN SUNGAI JINGAH 1 BANJARMASIN

Authors

  • Annisa Ramadhanie Universitas Lambung Mangkurat
  • Evatriana Malanita
  • Nurhaliza Oktaviana
  • Putri Natasya Azzahra
  • Aslamiah
  • Diani Ayu Pratiwi

Keywords:

hambatan guru, pembelajaran tematik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan yang dihadapi guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik serta dampaknya terhadap proses pembelajaran siswa di SDN Sungai Jingah 1 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan dalam perencanaan pembelajaran meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman dalam mengintegrasikan beberapa mata pelajaran, serta kesulitan menentukan tema yang relevan. Sementara itu, pada pelaksanaan pembelajaran, guru menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu, beragamnya tingkat kemampuan siswa yang dapat membuat tujuan pembelajaran tidak dapat dicapai sesuai rencana awal pada RPP, dan keterbatasan fasilitas pembelajaran. Hambatan-hambatan tersebut berdampak pada efektivitas pembelajaran, seperti rendahnya ketercapaian tujuan pembelajaran dan kurang optimalnya pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan bagi guru, penyediaan sumber belajar yang memadai, serta strategi diferensiasi pembelajaran untuk mengatasi hambatan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>