EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BARU MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23198Keywords:
Effectiveness of group guidance, Improving literacy, Pre-Test, Post-TestAbstract
This study aims to determine the effectiveness of group guidance in improving students' literacy. This research employs a quantitative approach with a pre-test and post-test design, utilizing the IBM SPSS program for data analysis. The study was conducted at Sanggar Bimbingan Kampung Beru School, Malaysia. The results indicate that group guidance services have been proven effective in enhancing students' literacy, with an N-Gain score of 0.41, falling within the range of 0.3 ≤ N-Gain ≤ 0.7, and an Asymp. Sig (2-tailed) probability value of 0.001 < 0.05. This effectiveness is evident from the comparison between students' pre-test scores before receiving group guidance services and their post-test scores after receiving the interventionDownloads
References
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, No. 1, pp. 75-87).
Ariana, N. (2022). Penggunaan model teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan pemahaman diri pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tunjungan semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 100-107.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712-31723.
Hasibuan, A. R. H., Maulana, A., Samosir, D. S., & Syahrial, S. (2024). Perkembangan Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(2), 120-125.
Marindo, A. F., & Kua, M. Y. (2024). Upaya Peningkatan Literasi Menggunakan Metode Bimbingan Belajar Kelompok Siswa Kelas V . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 180–191. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.513
Nasrullah, R., & Asmarini, P. (2024). Meningkatkan Literasi Indonesia Melalui Optimalisasi Peran Buku. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Olfah, M, E. (2024) Peningkatan Kesiapan Belajar Peserta Didik melalui Metode PELITA(PembelajaranTerdiferensiasi dan Literasi Terintegrasi). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2(11), 393-400.
Pepilina, D., Puspitasari, T., & Aliyah, H. (2024). Analisis Progres Kognitif Anak-Anak Di Sekolah Dasar Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran. Sasana: Jurnal Pendidikan Sosial Budaya dan Agama, 1(1), 23-36.
Pohan, R. A., & Indra, S. (2020). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kegiatan merespon pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 17.
Putrayasa, I. M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Transformasi literasi di era digital: tantangan dan peluang untuk generasi muda. Education and Social Sciences Review, 5(2), 156-165.
Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Rizwana, R. A., Rejeki, S., Saddam, S., Farid, M. R. A., & Kaman, S. Y. (2023). Pengembangan Literasi Kebangsaan pada Siswa Sanggar Bimbingan Kampung Baru Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 163-178.
Sutarso, V. H., Kurniawan, D. E., & Nurkholidah, E. (2024). Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah menengah pertama.
Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi Saat Ini. Journal on Education, 7(1), 3507-3515.
UNESCO. (2016). Rangkuman Laporan Pemantauan Pendidikan Global.
Wahyuni, M. S., Pratama, M. I., Abdal, N. M., & Atmasani, D. (2024). Evaluasi Kemampuan Profesional Mahasiswa Calon Guru Informatika Melalui Praktik Pengalaman Lapangan. Information Technology Education Journal, 105-112.
Prayitno dkk. (2022). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN
Prayitno, d. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok (pp.99- 104). Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor
Dewi Utami Faizah. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Behasil. 354. www.rajagrafindo.co.id
purwati. (2017). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663–670.
Syafarudin. (2018). Bimbingan Kelompok: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo, NAK., Maulana, MA & Susanto, B. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1). Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/Advice Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 10 Nomor 1, Oktober 2.
Wiedarti, P., dkk. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menenngah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Winkel, W.&S.H. (2015). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Pasarabu, S, B., Herawati, A., Utomo, K, W., & Aji, R, H, S. (2022). Metodologi Penelitian. Banten: Media Edu Pustaka.
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin., Masita, Ardiawan, K, N., & Sari, M, E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Darmawansyah, T. T., Aguspriyani, Y., Setiadi, R. M., Marfu'ah, S., & Polindi, M. (2023). Dampak kegiatan kuliah kerja nyata dalam meningkatkan kegiatan literasi anak di lingkungan sekolah desa Kertaraharja. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 11(1), 39-44.
Heliyanty, D. (2022). Peningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 7-10.
Asri, R., Ifdil, I., Karneli, Y., Netrawati, N., & Amora, R. (2024). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Proyeksi dalam Peningkatan Resiliensi Diri Siswa Korban Kekerasan Seksual. Journal Islamic Pedagogia, 4(2), 190-203.
Darwanto, D. (2022). Upaya Mengatasi Kecemasan Peserta Didik Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Melalui Penerapan Teknik Layanan Bimbingan Kelompok. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(2), 090-094.
Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Ramadani, A. I. S., Alam, F. A., & Rauf, W. (2022). Implementasi bimbingan kelompok dalam upaya peningkatan kemandirian belajar siswa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(1), 1-12.
Husamah, H. (2024). LITERASI Urgensi dan Peran dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru.
Ninawati, M. (2019). Efektivitas model pembelajaran literasi kritis berbasis pendekatan konsep untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 68-78.
Mahfudzh, M. T., Rahmawati, N. D., & Kurniawati, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1345-1353.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.