PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM TRANSFORMASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Su'adah Universitas Jambi
  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi
  • Andi Gusmaulia Eka Putri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23133

Keywords:

facilitators, independent curriculum, role of teachers, transformation

Abstract

This study aims to describe the role of teachers as facilitators in the transformation of the independent curriculum in elementary schools. The research method used in this study is a qualitative method. The subjects of this study were class IVA teachers at SD Negeri 34/I Teratai. Data collection techniques were carried out through observation, interviews and document studies. The results of the study indicate that class IVA teachers have carried out their roles as facilitators in the transformation of the independent curriculum in elementary schools well through the observed indicators, namely learning planning through the provision of learning tools, organizing learning by providing learning facilities, implementing learning by acting as partners, not superiors, assessing the learning process through the application of the principle of justice.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chayani, L., & Januardi, J. (2019). Pengaruh fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pendopo Pali. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3 (2), 249-258.

Fitriana, S. (2019). Transformasi pendidikan tinggi di era disrupsi (dampak dan konsekuensi inovasi). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 812–818

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran; Konsep dan Manajemen. In UNY Press.

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Iskandar, A., Parnawi, A., Sagena, U., Kurdi, M. S., Fitra, D., Nursofah, N., & Rahmi, H. (2023). Transformasi digital dalam pembelajaran. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345.

Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian kurikulum, proses administrasi kurikulum dan peran guru dalam administrasi kurikulum.

Keputusan Mendikbudristek No. 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Lexy, J., Moleong, M. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2021d). Model Pengembangan Pembelajaran berdiferensiasi (diferentation Instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran guru penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1), 70-82.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, DA (2020). Analisis bahan Ajar. Nusantara , 2 (2), 311-326.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan , 1 (2).

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138.

Meyer, OA, Omdahl, MK, & Makransky, G. (2019). Menyelidiki pengaruh pra-pelatihan saat belajar melalui realitas virtual imersif dan video: Eksperimen media dan metode. Komputer & Pendidikan , 140 , 103603.

Mustika, D. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Proses Perencanaan Manajemen Sarana Dan Prasarana di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 8732–8739.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (3): 480-492.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (5), 967-974.

Purwanto, SAYA, & Hasim, I. (2022). Sikap Guru Dalam Melaksanakan Kebijakan Kurikulum Paradigma Baru. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 9 (2), 182-196.

Priyambodo, P. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Tirai: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 34-58.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187.

Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di era society 5.0; pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 18-28.

Suwastini, NMS, Agung, AAG, & Sujana, IW (2022). LKPD sebagai media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam muatan IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6 (2), 311-320.

Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Socius: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Sosiologi , 6 (2), 103-120.

Tahir, M., & Syaifullah, S. (2020). Pengawas Sekolah Dan Guru Profesional Sebagai Mitra Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMAN 3 Wera. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi , 5 (1), 1-9.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 Ayat (1) tentang Setiap Warga Negara Berhak Mendapatkan Pendidikan.

Vhalery, R., Setyastanto, AM, & Leksono, AW (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah studi sastra. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 8 (1), 185-201.

Yugiswara, A. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018 (Disertasi Doktor).

Downloads

Published

2025-01-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>