ANALISIS PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22738Keywords:
Penerapan, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pada tema kearifan lokal pada kurikulum merdeka kelas v sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lubuk Harjo pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian yaitu Ibu D selaku wali kelas VA dan Bapak sandi selaku wali kelas VB. Data penenelitian diperoleh melalusi observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal pada kurikulum merdeka kelas v sekolah dasar, telah berjalan dengan baik. Dalam penerapan P5 terdapat beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) faktor pendukung yang terlibat adalah guru, orang tua, pemanfaatan teknologi informasi, serta keterlibatan masyarakat. Kerjasama serta kolaborasi antar pihak menjadi kunci agar program ini mampu memberikan dampak positif yang berarti bagi pembentukan karakter peserta didik. Sedangkan faktor penghambat didalam penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah adanya karakter peserta didik yang berbeda serta kurangnya jam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila bahwa guru kelas V berhasil menerapkan proyek tersebut. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari implementasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dalam sekolah, yang tidak terlepas dari peran penting pendik dalam mengimplementasikannya.Downloads
References
Novak, J. D. (2020). Learning, creating, and using knowledge: Concept maps as facilitative tools in schools and corporations. Routledge.
Hidayanto, N. E., Hariyanto, & H.B.A, J. (2023). Strategi Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 246–253.
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(2), 76-87.
Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis kebijakan dan pengelolaan pendidikan terkait standar penilaian di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479-1491.
Monica, S., & Hadiwinarto, H. (2021). Pengaruh keterampilan membuka dan menutup pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuklinggau. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 12-23.
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen pembelajaran sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022h). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.