PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.20623Keywords:
Media interaktif, Articulate Storyline 3, pembelajaran IPASAbstract
Penelitan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi secara maksimal pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan cenderung bersifat konvensional dan masih dominan menggunakan media pembelajaran yang seadanya. Hal tersebut, perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jenis metode yang digunakan adalah (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 pada pembelejaran IPAS memperoleh hasil validasi yang dinyatakan sangat valid dengan persentase 92,8% yang dinilai oleh 3 orang ahli validator yaitu ahli materi, bahasa, dan media. Hasil angket di UPT SD Negeri 22 Kiambang dan UPT SD Negeri 11 Lubuk Jaya dapat diketahui bahwa media interaktif sangat praktis dengan hasil persentase respon guru mendapatkan 96.5%. Hasil angket praktikalitas respon peserta didik UPT SD Negeri 22 Kiambang mendapatkan 95,8% dan UPT SD Negeri 11 Lubuk Jaya mendapatkan 96,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas media pembelajaran di UPT SD Negeri 22 Kiambang dengan presentase 87,5% dan UPT SD Negeri 11 Lubuk Jaya dengan presentase 93,75% yang menunjukkan rata-rata meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media interaktif Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPAS di kelas V SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.Downloads
References
Af'idati, N., Suntari, Y., & Putra, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Muatan Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 2(1), 22-33.
Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780
Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150-159. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021
Kristiningrum, K. (2018). Pengembangan Media Arttrace untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Peserta didik SDN Karang Satria 04. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 2(2), 523–542.
Putera, R. F., & Habibi, M. (2023). SOSIALISASI PENERAPAKAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU KESETARAAN DI SKB 2 SUNGAI TARAB. Jurnal ABDI PAUD, 4(2), 52-56.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
Suhelayanti, A. E., Jannah, M., Oviana, W., & Ilahi, R. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Media dan Asessment Pembelajaran IPAS. JKA, 1(1).
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis kesulitan guru dalam penggunaan media pembelajaran online di sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211-221.
Wati, L. I., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 65–76.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.