MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK MELALUI MEDIA POHON BERHITUNG

Authors

  • I Made Suwarjana PGSD FKIP Universitas Lampung
  • Noprida Safitri PGSD FKIP Universitas Lampung
  • Nova Amelia Putri PGSD FKIP Universitas Lampung
  • Supriyadi Dosen FKIP Universitas Lampung
  • Amrina Izzatika Dosen FKIP Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19631

Keywords:

Counting Ability, Counting Tree Media

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya kemampuan berhitung untuk kehidupan sehari-hari dan khususnya pemahaman angka, yang berfungsi sebagai dasar untuk pengembangan kemampuan matematika, adalah apa yang mendorong penelitian ini. Masalah umum adalah metode atau praktik ujian pensil kertas, masih digunakan dalam proses pengajaran keterampilan berhitung. Ini terus menyoroti instruksi yang berfokus atau berpusat pada guru dan kelangkaan media yang digunakan pendidik untuk membantu pemerolehan keterampilan berhitung siswa. Dianjurkan agar pendidik lebih banyak menggunakan berbagai media dan mendorong pertumbuhan kognitif anak-anak di semua tingkatan, terutama yang berkaitan dengan penghitungan. Media pohon hitung adalah salah satu jenis media yang dapat membantu anak-anak mencapai tahap konsep penguasaan hitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, P., & Katoningsih, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fitri, A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 442-448.

Kartini, R. A. (2019). Pengaruh Active Learning Dengan Media Pohon Hitung Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang).

Kusuma, H. M., & Wijayanto, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas I SDIT Cita Mulia Ajibarang Dengan Menggunakan Media Count Tree (Pohon hitung) pada Pelajaran Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1247-1253.

Mayasari, Y., Mappapoloenro, A. M., & Iriansyah, H. S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pohon Pintar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Rahmawati, S., & Affandi, L. H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pontika (Pohon Bilangan Matematika) Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SDN Karang Jangkong Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3268-3279.

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50-56

Rizky, A. (2021, December). Meningkatkan Hasil Kemampuan Berhitung Pada Siswa Kelas III SDN 1 Tegalrejo Melalui Media Pohon Berhitung. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 882-891).

Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Pohon Hitung. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1386-1397.

Sumiadi, R., & Jamil, N. (2023). Penerapan media pohon ilmu untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa Kelas III SDN I Sesait. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Downloads

Published

2025-01-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>