INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Authors

  • Ririn Dwijayanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Supriyadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10251

Keywords:

Internalisasi, Nilai-Nilai Karater Kepemimpinan, Ekstrakurikuler Pramuka

Abstract

Internalisasi nilai-nilai karakter adalah dimana upaya sesorang dalam mewujudkan suatu nilai yang dapat menjadi sebuah bagaian dari setiap orang. Latar belakang penulisan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana menanamkan penerapan nilai-nilai karakter kepemimpinan bagi siswa sekolah dasar dan bagimana karakter kepemimpinan ini diterapkan di sekolah yang melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk bagaimana penanaman nilai kepemimpinan ini bisa tertanam di diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler wajib disekolah dasar. Penulis penelitian ini menggunakan metode kualita jenis deskriptif. Penelitian ini juga menganalisis nilai-nilai karakter kepemimpinan siswa sekolah dasar melalui ekstrakulikuler pramuka. Lebih khususnya di SD Negeri Wonomlati. Teknik pengumpulan data ini menggunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, pembina pramuka dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa nilai-nilai yang ditanamkan dapat bertumbuh kembang serta dihayati melalu kegiatan pramuka, SD Negeri Wonomlati adalah disiplin, tanggujung jawab, berani, cinta alam, kepemimpinan dan sosialisasi di lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655

Al Kahar, A. A. D. (2021). Pendidikan Karakter Multidimensi sebagai Aplikasi Konsep Merdeka Belajar dalam Menyambut Bonus Demografi. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(1), 67–89. https://doi.org/10.37252/an-nur.v13i1.99

Alfi Nur Hidayati. (2021). Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 11–20. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.191

Anggarini, A., Di, P. S. G., Ter, L., Cita, A. P. I., Bunda, H., & Anggarini, A. (2018). STUDI DESKRIPTIF PERAN KOMUNITAS DISLEKSIA “ PARENTS SUPORT GROUP ( PSG )” DI LEMBAGA TERAPI CITA HATI BUNDA SIDOARJO Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Oleh UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA STUDI DESKRIPTIF PER. 1–9.

Bomans Wadu, L., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(1), 100–106.

Du Mérac, É. R. (2015). What we know about the impact of school and scouting on adolescents’ value-based leadership. Journal of Educational, Cultural and Psychological Studies, 2015(11), 207–224. https://doi.org/10.7358/ecps-2015-011-dume

Efendi, A., Misrodin, M., & Ariyanto, B. (2021). Basic Leadership Training dengan Tema “Membentuk Jiwa Kepemimpinan Yang Nasionalis, Religious, Dan Berakhlaqul Karimah.” Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 106–112. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i2.134

Efendi, U. R., Arpah, S., Yunita, S., Dasar, P., Universitas, P., & Medan, N. (2023). PENANAMAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN. 7(3), 514–523.

Farida, S. I., & Anjani, S. R. (2019). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Pamulang. Inovasi, 6(2), 19. https://doi.org/10.32493/inovasi.v6i2.y2019.p19-20

Heri, H., Saam, Z., & Isjoni, I. (2019). Pengelolaan Program Ekstrakurikuler Di Sekolah Dasar Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 3(1), 18. https://doi.org/10.31258/jmppk.3.1.p.18-24

Hidayah, L. (2019). Peran Ko Kurikuler Dan Ekstrakurikuler Terhadap Upaya Pencapaian Kurikulum 2013. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 251–270. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.128

Lestari, T. W. (2021). Penerapan Nilai Karakter Sikap Kepemimpinan Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri. Kognisi :Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 1(5), 1–9.

Nugraha, M. T. (2019). Rekonsiliasi nilai-nilai kepahlawanan serta internalisasinya dalam pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 241. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2371

Oktavia, E. (2020). Hubungan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan sikap kepemimpinan siswa: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung. 2020. Retrieved from https://digilib.uinsgd.ac.id/36010/

Peramesti, N. P. D. Y., & Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 73–84. https://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413

Rachmadyanti, P. (2017). Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201-214. Jpsd, 3(2), 201–214.

Ramadhani, K., Masrukhi, & Suharini, E. (2019). The Effect of Scout Extracurricular to the Integrity of the Students in Elementary School. Journal of Primary Education, 8(9), 304–310.

Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 199–207. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199

Rodiyana, R., & Puspitasari, W. D. (2019). Menumbuhkan Kepemimpinan Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1442

Rohmah, O. T., Gustiyani, R., Nida, L. S., Azzahra, S. D., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media E-Book BUDIPOLIS (Buku Digital Politik Islam) Untuk Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin pada Siswa Kelas VI SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 850. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1104

Supriatna, I., & Herman, H. (2020). Pendidikan Pramuka Dalam Menanamkan Sikap Jiwa Kepemimpinan. … : Jurnal Riset Dan Inovasi …, 1(1), 11–19. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/38

Suyamto, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Penegak. 58–66.

Tarsan, V., Dafrosi, M. I., & Baci, R. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA (Studi Kasus di SDK Wae Kajong). JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 60–70. Retrieved from http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipdhttps://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.713

Vadhillah, S., & Tobari, T. (2017). Karakteristik Kepemimpinan Pt Energi Sejahtera Mas Dumai. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 54–64. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1007

Yanuarti, E. (2017). Dewantara Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian. 11(2):66-237, 11(2), 66–237.

Zei, richard oliver dkk. (2021). Pembentukan Sikap Kepemimpinan Melalui Kegiatan Pramuka Di Smk Negeri 1 Tuhemberua. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Downloads

Published

2023-09-30