PENGARUH MEDIA BOARDBOOK HURUF HIJAIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nadinda Leony Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Supriyadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14640

Abstract

This research aims to analyze the effect of using hijaiyah letter boardbook media on elementary school students' ability to read at the beginning. The research uses a quantitative approach with a pre-experimental research design and one group pretest-posttest design. There are two variables in the research, namely hijaiyah letter boardbook media and students' initial reading abilities. The population of this study were lower grade students in elementary schools with a sample of 25 people. Data collection techniques use initial tests and final tests. The analysis technique used to answer the objectives and test the hypothesis uses inferential statistical analysis techniques (paired t-test). The results of the research show that there is an influence of using hijaiyah letter boardbook media on initial reading abilities, where students have the ability to recognize and arrange letters into syllables, words and sentences.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin Nur Laili. 2023. “The Effectiveness of the Flipped Classroom Model at SD Negeri Laweyan II SUmberasih, Probolinggo Regency.” Pedagogy 8(5):55.

Ambarita, Rahel Sonia, Neneng Sri Wulan, and D. Wahyudin. 2021. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2336–2344.

Anisa, Faqumala Dwi, and Pranoto Yuli Kurniawati Sugiyo. 2020. Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar.

Arifah, and Supriyanto. 2023. “Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunungagung 02 Kecamatan Bumijawa.” Journal Elementary Education 12(1):19–30.

Bashori. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI.” Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Di MTS Yapita Tambusai Kabupaten Rokan Hulu 53(9):1689–1699.

Halawa, N., S. Ramadhan, and E. Gani. 2020. “Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.” Jurnal Edukasi Khatulistiwa 3(1):27.

Halimah. 2019. “Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca.”

Kustandi, C., and D. Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyrakat. Prenada media.

Maula, I., A. Saripudin, and J. Jazariyah. 2021. “Pengembangan Media Arabic.”

Mauliyah, Anita. 2020. “Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyyah Melalui Media Kartu Huruf Dengan Metode Kupas Rangkai Di RA Bahrul Huda Sambiroto Karangtanjung Candi Sidoarjo.” El Thoufoul Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(mor 1):66–92.

Novita, L., E. Sukmanasa, and M. Y. Pratama. 2019. “Penggunaan Media.”

Nurani, R. Z., F. Nugraha, and H. H. Mahendra. 2021. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1):1462–1470.

Nurmayani, N., and L. Ayu Khairani. 2021. “Pengembangan Media ‘Smart Boardbook’ Berbasis.”

Oktadiana, B. 2019. “Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–1699.

Sari, F. F. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN 23 Dompu.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial 3.

Sari, Nastika Wahyuningsih, Siti Palupi, and Warananingtyas. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Flanel.” Jurnal Kumara Cendekia 9(2):76–85.

Sasmita, Moch Tryandi Budiman, Samuel Gandang Gunanto, and Pandan Pareanom Purwachandra. 2019. “Sibaaqun” Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Media Permainan Papan.” Journal of Animation & Games Studies 5(21):33–152.

Sholihat, Siti Syarah. 2019. “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Papan Flanel Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 2(mor 2):1–13.

Sukmawati, and Haslinda. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I UPTD SD Negeri 76 Barru.” Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa 1.

Susanti, Mai Sitta Lina. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 05 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.” Jurnal Sang Guru 1(mor 1):10–17.

Suwarni, Machmud H., AnhusadarL Lahewi, and Erdiyanti. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Pohon Huruf Dengan Metode Demonstrasi Pada Anak Usia Dini.” Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar 3)2:52–60.

Yasmin, Salma Anisah, and Rahman Taopik. 2022. “Analisis Penggunaan Media Puzzle Hijaiyah Untuk Keterampilan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal PAUD Agapedia 6(2):209–214.

Zainuri, Fitri Praditia, and Huda. 2023. “Mengembangkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Media Puzzle Anak Usia 5-6 TahuN.” 5(mor 1, Hal):46–53.

Downloads

Published

2024-06-01

Most read articles by the same author(s)