MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE TALKING STICK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN BANGKINGAN II/442 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18511Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Talking StickAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui problem based learning dengan metode talking stick. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 peserta didik dimana pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 SDN Bangkingan II/442 Surabaya. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Kondisi awal pre test peserta didik di atas KKM sebanyak 10 atau 36% dengan nilai rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 64,64. Setelah diberikan tindakan siklus I peserta didik di atas KKM menjadi 17 atau 61% dengan rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 67,50. Siklus II peserta didik di atas KKM meningkat menjadi 23 atau 82% dengan nilai rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 78,57. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problem based learning dengan metode talking stick materi pendidikan pancasila dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
References
Aminah, S. (2022). Penggunaan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Bumi dan Alam Semesta Siswa. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.210
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Erianti, I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Telling Time Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Talking Stick. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 97–112. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.266
Firsty, A. F. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) dengan Metode Talking Stick Berbantuan Flashcard untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Siswa Kelas IV SDN Kebondalem Mojosari Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. 4, 1–15.
Hikmah, N. (2021). Application of the Talking Stick Methode to Increase Student Learning Motivation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(6), 965. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/68611
Hoerudin, C. W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Melalui Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar (JAA), 5(1), 1–14.
Husnunnadia, R., & Slam, Z. (2024). Pencegahan Bullying di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak dan Kewajiban Anak. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 28–42. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp28-42
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Nasution, M. D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan. In Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP (Vol. 1, Issue 1, p. 8). https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.3059
Ngatiyem. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Mneingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 1(2), 149–157.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.
Nurhalimah, I. H., Nuraida, I., & Rachmawati, T. K. (2022). Metode Talking Stick pada Pembelaajran Matematika. Gunung Djati Conference Series, 12, 34–38.
Priyanti, N. M. I., & Nurhayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.6663
Safitri, I., & Endarini, E. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 412–418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.366
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.