MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA DENGAN TEKS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PELAJARANAN BAHASA INDONESIA DI SDN SIDOSERMO 1 SURABAYA

Authors

  • Indah Dwi Suwarni PGSD FKIP Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto PGSD FKIP Universitas Negeri Surabaya
  • Lailatul Mufida PGSD FKIP Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18640

Keywords:

Cooperative Learning Model Think Pair Share Type, Ability To Understand Reading Descriptive Text, Elementary School

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca teks deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidosermo 1 Surabaya, dengan penerapan model belajar kooperatif tipe think pair share (TPS). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidosermo 1 Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terbagi atas 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dokumentasi dan tes. Penelitian menggunakan tekhnik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui hasil presentasi ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 41,67% dengan kategori sangat kurang, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 58,33%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-3 diketahui presentase ketuntasan siswa sebesar 83% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II pertemuan terakhir nilai presentase mencapai 91,66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca teks deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidosermo 1 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ilham, R. (2023). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan penerapan model kooperatif think pair share di sekolah dasar.

Darwati, Y (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Materi Koperasi dan Kesejahteraan rakyat kelas IV MIS AL-MUTTAQIN Dusun Karang Sari Kec. Padang Tualang Kab. Langkat TA. 2016/2017

Melati, L, S. (2010) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model kooperatif think pair share pada kelas V SDN Pajang I No 93 Surakarta

Iriani, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sdn 004 Pagaran Tapah Darussalam Sdn 004 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu

Dinilla, M. (2020). Implementasi Metode Inkuiri dalam Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMA

Prabawa, H. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengembangkan Paragraf Deskripsi Dengan Metode Think – Pair Share Pada Siswa Kelas Iv Sdn I Kokosan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sambodi, S. (2019). Pembelajaran dengan Teknik Pelatihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 9 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 156. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.136

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sukriyani, R., Nufus, H., & Agustina, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Siswa Kelas Vii Menulis Surat Pribadi Dan Dinas http://bastra.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/25%0A

Surya, Y., F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154-163

Tarigan, H. G. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-10-01

Most read articles by the same author(s)