PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN KREATIVITAS SISWA MI NURUS SYAFI’I

Authors

  • Firda Alvianti S2 Pendidikan Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto S2 Pendidikan Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno S2 Pendidikan Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11825

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran project based learning(PjBL) dalam meningkatkan keterampilan proses dan kreativitas peserta didikJenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurus Syafi’i dengan subyek penelitian peserta didik kelas 1 dan 4 MI Nurus Syafi’i dengan masing-masing kelas paralel. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keterampilan proses dan kreativitas melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada peserta didik kelas 1 dan 4 MI Nurus Syafi’i. Kelas 1A mendapatkan skor 33, kelas 1B mendapatkan skor 31, kelas 4A mendapatkan skor 56 dan kelas 4B mendapatkan skor 69. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan antara setiap kelas paralel. Hal ini terdapat bukti yang cukup untuk mendukung adanya perbedaan pada setiap kelas sesuai dengan aspek materi yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimbawa, P., Sadia, I., & Tika I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Sehari-Hari Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha. Vol.3.

Cahyana, U. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA. In Buana Pendidikan (Vol. 17, Issue 1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ jurnal_buana_pendidikan/index

Christian, Y. A. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2271–

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4

.1207

Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408.

https://doi.org/10.25299/al- thariqah.2022.vol7(2).11377

Hidayati, Sofiatul., Arina Restian. (2023). Peningkatan Kreativitas Menggunakan model Project Based Learning Mata Pelajaran IPAS Konteks Merdeka Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1): 1865-1877.

Maula, Milla Minhatul., Jekti Prihatin., & Kamalia Fikri. (2014). Pengaruh Model Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 1 (2): 1–6

Mulyasa, Enco. (2015). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan: Bandung.

Natty, Richard Adony., Firosalia Kristin., & Indri Anugraheni. (2019). Peningkatan Kreativitas dan hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 3(4): 1082-1092.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v3i4.262

Rohana, R. S., & Wahyudin, D. (2017). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa SD Pada Materi Makanan Dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3),

–243.

https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V1 6i3.4817

Rudyanto, Hendra Erik. (2013). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open- Ended. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran,3(2): 184-192.

Setiawan, Lilis., Naniek S.Wardani., & Trifosa I. Permana. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembeljaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Basaed Learning. Jurnal Basicedu, 5(4): 1879-1887.

https://doi.org/10.31004/basiced u.v5i4.1068

Widyastuti, I, S Utami, & E Uliyanti. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v 5i10.16752

Published

2024-01-05

Most read articles by the same author(s)