ANALISIS KEBUTUHAN AWAL KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19825Keywords:
Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Sekolah DasarAbstract
Keterampilan membaca tidaklah diperoleh secara alamiah, tetapi didapatkan melalui proses belajar yang panjang. Banyak jenis-jenis keterampilan membaca, namun yang diajarkan pada siswa di sekolah dasar adalah membaca permulaan dan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman, dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca pemahaman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan sumber data penelitian adalah siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik; dengan teknik pengambilan data tes dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan prosentase keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik mencapai 68,5% atau 13 siswa yang mendapatkan kategori minimal baik. Sementara kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa antara lain: 1). kesulitan menyimpulkan isi teks bacaan, 2). Kesulitan memahami isi teks bacaan, dan 3). Kesulitan menemukan informasi penting pada teks bacaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 6 UPT SD Negeri 195 Gresik masih rendah, dan membutuhkan penerapan teknik-teknik membaca agar dapat meningkatkan efesiensi dan keterampilan membaca pemahaman.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Amalia, Falina Noor. (2017) Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (Vol. 1, No. 1).
Ariawan, Vina Anggia Nastitie, Niken Tri Utami, and Rahman Rahman. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model CIRC berbantuan media cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 1.2.
Fadilah, Dilla. (2022). Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Kelas Tinggi. Sukabumi: CV Jejak.
Harianto, Erwin. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktia, 9(1), pp.1-8.
Istiq’faroh, Nurul. (2020). The effect of Indonesian folktales on fourth-grade students’ reading comprehension and motivation. Ilkogretim Online-Elementary Education Online 19 (4): pp. 2149-2160.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018.
Mashuri, Chamdan dkk. (2022). Buku Ajar Literasi Digital. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Muamar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Nirwana, Citra Kusuma, and Titik Harsiati. (2021). Implementasi Literasi Sekolah Dan Kegiatan Membaca Pemahaman Siswa Smpn 8 Malang. BASINDO J. Kaji. Bahasa, Sastra Indones. dan Pembelajarannya 5.1: 39-49.
Noortyati, Rosma. (2020). Dasar Dasar Membaca: Pendekatan Developmental Appropriate Practice. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Priatna, Yuandara Ulfa. (2017). Penerapan Metode Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Menemukan Informasi Secara Cepat dari Berbagai Teks Khusus Melalui Membaca Memindai. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 2, No. 1.
Prihatin, Yulianah & Sari, Raras Hafiidah. (2020). Strategi Membaca Pemahaman. Lamongan: Pustaka Djati.
Sukarno, Mohamad. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi Unversitas Muhamadiyah Yogyakarta, 29, pp.32-37.
Sulistyawati, Wiwik, Wahyudi Wahyudi, and Sabekti Trinuryono. (2022). Analisis motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran blended learning saat pandemi covid-19 (deskriptif kuantitatif di SMAN 1 babadan Ponorogo)." KadikmA 13.1: 68-73.
Saryono, Djoko dkk. (2017). Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumarlina, Sri. (2023). Penerapan Cooperative Script Dalam Pembelajaran Tematis Dengan Topik Menyimpulkan Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI SDN Bukanagara II Cisalak Subang. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 4.1: 72-81.
Syahroni, Muhammad Irfan. (2022) "Prosedur penelitian kuantitatif." EJurnal Al Musthafa 2.3: 43-56.
Rahman, A. (2018). Strategi Efektif dalam Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zellatifanny, Cut Medika, and Bambang Mudjiyanto. (2018). "Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi." Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi 1.2: 83-90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.