PENGGUNAAN MEDIA KONKRET RODA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Frandhica Wahyu Ardhianto Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20050

Keywords:

Media roda pintar, Menulis permulaan

Abstract

This study aims to improve the writing skills of students in elementary school through the use of smart wheel media. The focus of this research is to develop a syllable that focused in smart wheel learning media for the first grade students in elementary school. The method used in this research is the SLR (Systematic Literature Review) method. By applying the SLR method, the researcher will identify, analyze, evaluate, and interpret all existing research. The researcher will conduct a systematic review of the journals that have been collected. The data that included in this literature review is an analysis of the summaries of several documented articles on improving students' writing skills through the learning media. Based on the research results from 2017 to 2024, the use of smart wheel media showed positive results in improving student's early writing skills. Students tend to enjoy the learning process more when the media is used. The smart wheel media also attracts student's attention to more understanding the syllable arrangement presented

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, A., Kurniawati, R., Husin, M., & Yamin, M. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 22-28.

Adriani, E., Subyantoro, S., & Mardikantoro, H. (2018). Pengembangan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I SD. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 27-33.

Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK, 43-51.

Alvita, A., & Airlanda, G. (2021). Pengembangan flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I mata pelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5712-5721.

Aprilianti, D., Herawati, M., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 427-432.

Astutik, P., & Subrata, H. (2017). engaruh Penggunaan Media Kartu Pintar terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Kauman II Bojonegoro.

Dalimunthe, N., Ahkas, A., & Aufa, A. (2024). Implementasi Media Roda Suku Kata untuk Meningkatkan Membaca Pemula pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 79-95.

Dayu, D., & Anggrasari, L. (2017). Pengaruh penggunaan media big book writing terhadap keterampilan menulis bahasa indonesia siswa kelas 5 SD negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 21-23.

Ernaz, A., & Noviyanti, S. (2022). Kajian Literatur Terhadap Keberhasilan Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 163-168.

Fatimatuzzahro, F. (2021). Pengembangan Media Roda Pintar Untuk Pengenalan Membaca Kelas 1 di Di MI Mamba’Ul Huda Ngraseh, Dander, Bojonegoro.

Hasrianti, A., Halimah, A., & Mardiana, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 935-948.

Hasugian, F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Roda Pintar Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Hidup Sehat Dan Bersih Di Tempat Umum Siswa Kelas II SDN 106815 Deli Serdang. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 7-39.

Hendratno, H. (2021). Pengembangan Media Monopoli Untuk Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 3335-3344.

Hidayah, W. (2018). Peningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Buku Harian Bergambar Siswa Kelas II B SD Timbulharjo Sewon Bantul. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 59-68.

La Rakima, H., & Wulandari, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Bimbingan Belajar Dari Rumah Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelompok B TK Lolena Kecematan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 37-44.

Larasati, A., & Suryaman, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ropi (Roda Pintar) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SD. Jurnal PRIMED: Primary Education Journal, 1-9.

Lestari, N. (2019). The Application Of Edutainment Method in Developing Beginner-Level Writing Competency For Students Of Early Grade In Elementary School. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 110-119.

Mauludin, A., & Subrata, H. (2020). Pengembangan Media Ropantar (Roda Panah Putar) Untuk Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas awal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 30-42.

Ningsih, I. (2019). Peran guru dalam pembelajaran menulis permulaan menghadi abad 21. Basindo, 38-43.

Nuraini, I., Amalia, A., & Nurmeta, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Media Lartasatu pada Siswa Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 357-366.

Nurlela, M., & Al Mufti, A. (2023). Pengenalan Media Roda Suku Kata Untuk Membantu Keterampilan Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 125-132.

Pratiwi, N., & Suhartono, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK. BAPALA, 241--247.

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 33-40.

Ravika, C., Febriana, E., Rafli, M., & Tumangger, Z. (2023). Penggunaan Media Papan Pintar Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45-50.

Saleh, H., & Abdullah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa tentang Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas SDN Bajo. Jurnal Bilingual, 9-15.

Salsabilah, A., Muzamil, I., Juardi, I., Afifah, N., Herdiansyah, R., & Prihantini, P. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Journal on Education, 11943-11950.

Sari, Y., Luvita, R., Cahyaningtyas, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh metode pembelajaran struktural analitik sitentik terhadap kemampuan menulis permulaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 1125-1133.

Sari, Y., Luvita, R., Cahyaningtyas, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh metode pembelajaran struktural analitik sitentik terhadap kemampuan menulis permulaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 1125-1133.

Simbolon, R. (2019). Penggunaan roda pintar untuk kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 66-71.

Siregar, A. (2023). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. urnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2438-2444.

Sismulyasih, N. (2018). Peningkatan Kemampuan membaca dan menulis permulaan menggunakan strategi Bengkel Literasi Pada Siswa SD. Primary, 68-74.

Suastika, N. (2018). Problematika pembelajaran membaca dan menulis permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 57-64.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya.

Subrata, H. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Carakan dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Legena di Kelas Awal Sekolah Dasar. JPGSD.

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 79-93.

Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 83-91

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>