DAMPAK TINDAKAN PERUNDUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL SISWA SERTA PENCEGAHANNYA

Authors

  • Mareike Seska Diana Lotulung Universitas Klabat
  • Juwinner Kasingku Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18379

Keywords:

perundungan, kesehatan mental, siswa, pendidikan agama kristen

Abstract

Kehidupan yang aman dan damai merupakan keinginan didambakan oleh setiap orang sehingga dengan adanya kehidupan yang seimbang dapat membangun hubungan yang harmonis. Namun, kenyataan seringkali berbeda bagi mereka yang menjadi korban perundungan sehingga mendatangkan dampak negatif serius terhadap kualitas hidup dan kesehatan mental. Penelitan ini bertujuan untuk mencari tahu dampak perundungan terhadap perkembangan mental siswa, serta memahami bentuk-bentuk perundungan dan solusi pencegahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan studi kepustakaan, mengumpulkan data dari jurnal, buku, dan artikel terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perundungan, baik fisik, verbal, sosial, maupun cyberbullying, memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental korban, termasuk depresi, kecemasan, gangguan makan, gangguan tidur, bahkan permasalah serius lainnya. Perundungan juga berdampak pada penurunan prestasi akademis dan krisis kepercayaan diri. Pendidikan agama Kristen berperan penting dalam mencegah perundungan dengan mengajarkan kasih, empati, dan saling menghargai satu sama lain. Melalui kurikulum yang dirancang khusus serta peran aktif guru, pendidikan agama Kristen dapat membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung. Kesimpulannya, perundungan adalah masalah serius yang memerlukan perhatian khusus dan pendekatan yang efektif, termasuk peran pendidikan agama Kristen dalam pencegahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Detik. (2024). Siswa di pasuruan masuk rs jiwa gegara dibully bertahun-tahun. 20Detik. https://20.detik.com/detikupdate/20240826-240826102/siswa-di-pasuruan-masuk-rs-jiwa-gegara-dibully-bertahun-tahun

Aisyaroh, N., Hudaya, I., & Supradewi, R. (2022). Trend penelitian kesehatan mental remaja di indonesia dan faktor yang mempengaruhi: literature review. Scientific Proceedings of Islamic and Complementary Medicine, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.55116/SPICM.V1I1.6

Andini, M., Aprilia, D., & Distina, P. P. (2021). Kontribusi psikoterapi islam bagi kesehatan mental. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(2), 165–187. https://doi.org/10.32923/psc.v3i2.2093

Aprilianto, A., & Fatikh, A. (2024). Implikasi teori operant conditioning terhadap perundungan di sekolah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 77–88. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1332

BBC News. (2024). Kasus bullying di binus school serpong, motif dan kronologi – polisi tetapkan empat tersangka. BBC News Indonesia.

CNN Indoensia. (2023). 4 Kasus Bullying di Dunia yang Viral dan Berakhir Tragis Bagi Korban. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230315110648-113-925280/4-kasus-bullying-di-dunia-yang-viral-dan-berakhir-tragis-bagi-korban/2

Harianto, G. P. (2021). Pendidikan agama kristen dalam alkitab dan dunia pendidikan masa kini. Penerbit ANDI.

Hidayat, U. F., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2023). Peran pendidikan agama kristen dalam projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) untuk pencegahan perundungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1945–1953.

Honya, R., & Toisuta, J. S. (2024). Peran guru pendidikan agama kristen untuk membentuk mentalitas siswa menghadapi tindakan perundungan (bullying) dalam pergaulan. EULOGIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(1), 211–224. https://doi.org/10.62738/ej.v4i1.79

Jubaidi, M., & Fadilla, N. (2020). Pengaruh fenomena cyberbullying sebagai cyber-crime di instagram dan dampak negatifnya. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.37108/shaut.v12i2.327

Kandia, I. W. (2024). Perundungan dalam perspektif hukum indonesia. IJOLARES : Indonesian Journal of Law Research, 2(1), 20–24. https://doi.org/10.60153/ijolares.v2i1.43

Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6096–6110. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10220

KBBI. (2024). Rundung. In KBBI. https://kbbi.web.id/rundung

Metha, S. (2023). Pertanggung jawaban pidana atas tindakan perundungan fisik oleh pelaku anak di bawah umur. Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat, 1(2), 1–25.

Nababan, S., Sianturi, E., Rantung, D. A., Naibaho, L., & Boiliu, E. R. (2024). Peran pendidikan agama kristen dalam mengatasi dampak penggunaan teknologi bagi remaja di era digital. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 205–217. https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.351

Naibaho, D., & Nainggolan, E. Y. Y. (2023). Pentingnya peranan guru mengatasi bullying di sekolah dalam mewujudkan sekolah ramah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 84–91. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3.2563

Ningrum, M. S., Khusniyati, A., & Ni’mah, M. I. (2022). Meningkatkan kepedulian terhadap gangguan kesehatan mental pada remaja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1174–1178.

Nurjanna, S. (2022). Konstruksi perundungan dan solusinya dalam al-Qur’an. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 11(147–170). https://doi.org/10.29300/jpkth.v11i1.4647

Randalele, C. E., Budi, B., & Nabu’, D. D. (2022). Nilai-nilai kristiani dalam ritual dipelima sundun pada upacara adat rambu solo’. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 89–101. https://doi.org/10.34307/peada.v3i2.86

Salsabillah, C. S., Fitra, M. A., Zaidan, M. F., & Kusmawati, A. (2024). Intervensi Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendiikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 279–287. https://doi.org/10.61132/bima.v2i1.613

Santika, I. G. N. (2023). Kedudukan pancasila dalam peraturan perundang-undangan di indonesia. IJOLARES : Indonesian Journal of Law Research, 1(2), 47–51. https://doi.org/10.60153/ijolares.v1i2.24

Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, P. A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai pancasila pada siswa sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2095–2102.

Setiani, A. P., & Setiani, A. P. (2024). Dampak bullying terhadap kesehatan psikologis siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/liberosis.v2i1.2051

Shobabiya, M., Maulana, R. I., Hanafi, D. F., & Rosidi, M. F. A. (2024). Perilaku cyber bullying pada remaja. Educational Journal: General and Spesific Research, 4(1), 122–129.

Sianipar, D. (2020). Peran pendidikan agama kristen di gereja dalam meningkatkan ketahanan keluarga. Jurnal Shanan, 4(1), 72–92.

Siby, R., & Kasingku, J. D. (2024). Pengaruh rekreasi sebagai sarana pendidikan dalam meningkatkan kesehatan mental siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 416–424. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7851

Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial intelligence dan implikasinya terhadap tujuan pembelajaran pendidikan agama kristen. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(1), 76–90.

Siloam Hospitals Medical Team. (2024). Bullying - definitions, causes, and ways to respond. Siloam Hospitals.

Smith, P. K. (2016). Bullying: definition, types, causes, consequences and intervention. Social and Personality Psychology Compass, 10(9), 519–532. https://doi.org/10.1111/spc3.12266

Sugiharto, A., & Satria. (2024). Peran guru pendidikan agama kristen dalam mengcounter hoax dan cyberbullying. Metanoia: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.55962/metanoia.v6i2.140

Suksma, C., Ramadhanti, D., H., M. A., Surur, M., & Yuliana, D. (2024). Analisis tindak perundungan verbal pada proses pembelajaran: dampak pada motivasi dan restasi belajar siswi kelas x studi kasus di madrash aliyah negeri 2 situbondo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 103–115. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.318

Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Educario: Education Curiosity, 1(1), 198–203.

Welan, D. C., Wangean, C. N., & Kasingku, J. D. (2023). Integrasi Pendidikan Rohani: Pengaruh Membaca Firman Terhadap Kesehatan Mental. Journal on Education, 6(1), 7858–7867. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4189

Yulieta, F. T., Syafira, H. N. A., Alkautsar, M. H., Maharani, S., & Audrey, V. (2021). Pengaruh cyberbullying di media sosial terhadap kesehatan mental. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(8). https://doi.org/10.56393/decive.v1i8.298

Downloads

Published

2024-09-09