MEMAHAMI NILAI-NILAI KEROHANIAN DALAM PENDIDIKAN ANAK

Authors

  • Juwinner Kasingku Universitas Klabat
  • Winda Novita Warouw Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10754

Keywords:

nilai-nilai, kerohanian, anak

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang signifikan dalam membentuk masa depan anak, terutama dalam pembentukan karakter, moral, maupun kerohanian. Dalam dunia yang dipenuhi oleh informasi dan dinamika kehidupan, nilai-nilai kerohanian menjadi semakin penting sebagai tolak ukur bagi pertumbuhan anak. Nilai-nilai kerohanian menciptakan dasar moral yang kokoh, dapat membantu anak dalam memahami etika, dan dapat membangun hubungan sosial antar satu dengan yang lain, dan dapat memberikan makna hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan dengan tujuan untuk dapat mengetahui dan memahami nilai-nilai kerohanian dalam pendidikan anak. Penelitian ini menyatakan bahwa Sebagian besar perkembangan intelektual anak terjadi pada masa kanak-kanak, dan periode ini sangat penting untuk memberikan rangsangan, pendidikan, maupun lingkungan yang mendukung sehingga akan terciptanya perkembangan secara optimal. Artikel ini menyoroti peran nilai-nilai kerohanian dalam pendidikan anak, khususnya kejujuran, kepedulian, dan rasa tanggung jawab. Kejujuran mencerminkan integritas dalam membangun kepercayaan diri, sementara kepedulian mengajarkan empati terhadap sesama dan dalam rasa tanggung jawab ialah membantu anak memahami konsekuensi dari setiap tindakan mereka. Orang tua, guru, dan masyarakat memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai kerohanian ini pada anak. Nilai-nilai kerohanian adalah dasar yang penting dalam mendukung perkembangan anak secara sepenuhnya, membantu mereka menjadi individu yang bertanggung jawab, beretika, dan peduli. Memahami dan menerapkan nilai-nilai kerohanian dalam pendidikan memiliki keuntungan yang besar dalam pembentukan karakter, moral, dan kemampuan dalam mengelola tekanan emosional dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan nilai kepedulian sosial pada siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163–180. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778

Azzarima, M., Pratama, H. R., & Settiya, M. W. (2023). Implementasi pendidikan karakter kejujuran pada peserta didik di lingkungan sekolah dasar. Conferences of Elementary Studies: Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar, 411–418.

Bawamenewi, Y., Marbun, L., Fernando, A., & Triposa, R. (2022). Peran pendidikan teologi dan kepemimpinan kristen dalam pembentukan karakter guru sekolah minggu. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.106

Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran pendidikan agama kristen dalam keluarga di era digital. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(1), 107–119. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.17

Djikoren, L., & Hermanto, Y. P. (2022). Spiritualitas kristen dalam menurunkan tingkat kecemasan pada penderita ansietas. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 82–93. https://doi.org/0.53827/lz.v5i2.88

Ekoprodjo, H. T., Joswanto, A., & Simon. (2022). Peran orang tua dalam penanaman nilai-nilai karakter Kristus pada era digital. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 35–49. https://doi.org/10.53814/eleos.v2i1.13

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nuhasana, S. (2020). Implementasi nilai kejujuran akademik peserta didik di lingkungan sekolah dasar. Nur El-Islam, 7(1).

Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis pengaruh film nussa dan rara terhadap empati anak usia dini di kota Padang. JPT: Jurnal Pnedidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590

Kasingku, J. D., Siwu, F. E., & Sanger, A. H. F. (2023). Menjaga orang muda agar tetap dalam pergaulan yang benar. Journal on Education, 5(4), 12368–12376.

Kasingku, J. D., Warouw, W. N., & Lumingkewas, E. M. (2023). Increasing educational awareness of parenting styles and family social support on adolescent mental health. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(4), 807. https://doi.org/10.33578/pjr.v7i4.9524

Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6096–6110. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10220

Kewa, M. N., Setiawan, D. E., Hilapok, P., & Rabecca, D. (2021). Signifikansi spiritualitas kristen: sebuah usaha pembinaan kerohanian warga gereja kelompok usia muda. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.54024/illuminate.v4i1.106

Krismawati, Y., & Daeli, A. (2021). Pendidikan kristen bagi anak balita (sebuah kajian psikologis dan teologis). MONTESSORI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 46–65. https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v2i1.606

Kurniasih, V. W., Fitriyah, F. K., Hidayat, M. T., & Sunanto. (2020). Hubungan pemahaman diri terhadap rasa tanggung jawab sebuah survey pada anak usia dini di kota Surabaya. Child Education Journal, 2(2), 98–105.

Kusuma Negara, I. G. N. M., Rismawan, M., & Astawa, I. G. S. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi peranan orang tua dalam pengembangan sikap tanggung jawab pada anak. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(1), 59–62. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.133

Masganti, S. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini: Vol. I. Perdana Publishing.

Nuraeni. (2016). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 65–73. https://doi.org/10.33394/jp.v3i2.3039

Payon, A. D., Boleng, B., & Novianti, C. (2023). Upaya guru katolik dalam meningkatkan nilai– nilai kerohanian siswa di sekolah dasar inpres Lewobele kecamatan Adonara Tengah kabupaten Flores Timur. Journal on Education, 5(3), 6389–6395. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1420

Rifai, E. (2013). Yesus dan kepedulian sosial: refleksi alkitabiah Yesus sang reformis. Antusias: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2(3).

Rochmawati, N. (2018). Peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter jujur pada anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203

Saeful, A. (2021). Implementasi nilai kejujuran dalam pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(2), 124–142. https://doi.org/0.51476/tarbawi.v4i2.260

Saragih, E. J. (2020). Pemanfaatan nilai siri’ na pacce sebagai sarana mengomunikasikan identitas serta tujuan sekolah kristen di Makassar. Integritas: Jurnal Teologi, 2(1), 21–34. https://doi.org/10.47628/ijt.v2i1.20

Sianipar, D. (2020). Peran pendidikan agama kristen di gereja dalam meningkatkan ketahanan keluarga. Jurnal Shanan, 4(1), 73–92. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1769

Sirva, O., Pariu, K. Y., Parangki, N., Patoding, A. J., & Puang, F. T. (2023). Kajian alkitabiah mengenai pengajaran orang tua dalam pembentukan karakter anak. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 613–628.

Suryanti, I., & Arafat, Y. (2018). Implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di sd negeri 18 Airkumbang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1860

Susilo, B. P. (2022, January 11). Kenali tahapan proses perkembangan intelektual anak pada usia SD. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/bening08/61ddb21806310e0afc2fac04/kenali-tahapan-proses-perkembangan-intelektual-anak-pada-usia-sd

Telaumbanua, A. H. N. (2020). Peran guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa di era industri 4.0. INSTITUTIO:JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, 6(2), 45–62. https://doi.org/10.51689/it.v6i2.243

Yuliani, R., & Pujiono, A. (2022). Peran gaya komunikasi orang tua dalam membentuk kompetensi sosial anak. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 113–124. https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.39

Yulianingsih, Y. (2019). Nilai Sosial Dan Nilai Moral Yang Terkandung Dalam Novel Rindu Karya Tere Liye. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 104–114. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v2i2.2214

Downloads

Published

2023-12-18