DISIPLIN SEBAGAI KUNCI SUKSES MERAIH PRESTASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14536Keywords:
Pendidikan, Disiplin, Prestasi BelajarAbstract
Pendidikan adalah salah satu aspek penting di dalam kehidupan manusia, dengan proses pembelajaran menjadi kunci utama dalam mencapai kesuksesan belajar. Disiplin, mencakup pengaturan diri, fokus, ketekunan, dan inisiatif, merupakan faktor yang penting dalam menentukan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran disiplin dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta peran guru dalam menjaga kedisiplinan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data diperoleh dari jurnal-jurnal terkait yang dianalisis untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang topik yang dibahas. Disiplin memainkan peran penting dalam proses pembelajaran dengan membantu siswa mengembangkan kebiasaan belajar yang baik, mengelola waktu dengan efektif, dan fokus pada tujuan akademik. Aspek-aspek disiplin seperti ketepatan waktu, kepatuhan terhadap peraturan, dan kehadiran konsisten menjadi landasan penting dalam membangun karakter siswa. Selain itu, disiplin juga mendukung pengembangan kemampuan self-regulation dan keterampilan berpikir kritis yang berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar. Guru memiliki peran penting dalam mengajarkan dan menegakkan disiplin di sekolah. Dengan latihan dan mempraktikan kedisiplinan dengan konsisten, maka disiplin menjadi bagian penting dari karakter siswa, mempersiapkan mereka untuk sukses di masa depan dan berkontribusi positif kepada masyarakat. Penerapan yang efektif dari disiplin, termasuk pemberian reward dan punishment, sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik serta mendukung pencapaian tujuan belajar.Downloads
References
Abidin, Z. (2020). Hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar. An-Nahdlah: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keislaman, 6(2), 46–63.
Agustina, L., Daharnis, & Hariko, R. (2019). Peran konselor dalam meningkatkan disiplin siswa: tinjauan berdasarkan persepsi siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Metappa, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i1.266
Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805
Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025
Arista, I. D. (2018). Pengaruh disiplin belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik. JUPE, 6(3), 302–309. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p
Arjunaita, A., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Peran kepala sekolah dalam menerapkan disiplin kerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.631
Cahyadi, N., Sabtohadi, J., Alkadrie, S. A., Megawati, Khasanah, Djajasinga, N. D., & Lay, A. S. Y. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Raya Media Grafika.
Cahyani, N., & Winata, H. (2020). Peran efikasi dan disiplin diri dalam peningkatan hasil belajar siswa. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 234–249.
Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish.
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
Devi, I., Sesmiarni, Z., Syafitri, A., Simbolon, A. M. Y., & Iswantir, I. (2023). Produktivitas kerja guru di mtss Tigo Nagari, kabupaten Pasaman. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 14422–14433. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.2066
Dewi, L. S. N., Rendra, N. T., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 427. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29965
Dinata, A. (2023). Identifikasi faktor penyebab siswa tidak disiplin belajar di SMP Swasta PGRI 4 Kota Jambi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 9263–9273. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3245
Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan karakter dan nilai kedisiplinan peserta didik di sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 75–81.
Hamali, Y. A. (2016). Pemahaman manajemen sumber daya manusia. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Harahap, J. S., & Syarqawi, A. (2023). Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MAN 1 Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 222–229. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4543
Ikranagara, P. (2015). Pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Kejobong Purbalingga. Basic Education, 4(2).
Irwani, T. (2020). Pengaruh kedisiplinan terhadap presetas belajar siswa di SMA Negeri 6 Banda Aceh. JSH: Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2), 171–179.
Johan, S. R. (2014). Peran Motivasi Dan Disiplin Dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi Ips. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 275–286. https://doi.org/10.30998/fjik.v1i3.364
Kasingku, J. D., & Sasarari, F. N. (2022). Peran guru pendidikan agama kristen sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter siswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1520. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8930
Kasingku, J. D., & Warouw, W. N. (2023). Memahami nilai-nilai kerohanian dalam pendidikan anak. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3). https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10754
KBBI. (2024). Disiplin. KBBI.
Kusumaningsih, R. (2024). Investasi keterampilan dan kompetensi yang relevan untuk anak zaman now. MULIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 20–27.
Lateiner, I. E., & Levine, A. R. (1985). Teknik memimpin pegawai dan pekerja. Aksara Baru.
Lestari, W., Hariyanti, F., & Mauliska, N. (2023). Analisis onsep diri dan kedisiplinan belajar siswa MAN 1 Probolinggo terhadap matematika. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 225–232.
Memah, G. J., Kasingku, J. D., & Warouw, W. N. (2023). Pentingnya pendidikan disiplin dalam membentuk karakter orang muda. Journal on Education, 6(1), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3793
Murni, S., & Sabaruddin, R. (2018). Pemanfaatan Qr Code dalam pengembangan sistem informasi kehadiran siswa berbasis web. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(2). https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i2.2144
Putri, A. R. (2023). 12 Contoh Aturan di Sekolah dan Tujuan Diberlakukannya.
Putri, S. M., & Mahatmaharti, A. K. (2022). Peran keluarga dalam menumbuhkembangkan sikap kedisiplinan pada remaja. Prosiding Conference on Research and Community Services, 293–302.
Ramadhan, N. J. H. (2024). Strategi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa (studi kasus MAS Putra DDI Mangkoso). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 31–38.
Saniro, R. K. kae. (2023). Ada apa dengan siswa belakangan ini? Kumparan.
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan peraturan dan prosedur kelas dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Sudiansyah, S., Lutfi, M., Bosco, F. H., Putra, R. P., Fauziyah, W. R., Rais, R., & Al Haddar, G. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan belajar siswa. Global Education Journal, 1(1), 51–61.
Suhandoko. (2023). Inspirasi dari Jepang: membangun masa depan yang sukses dari model pendidikan terbaik. Viva. https://wisata.viva.co.id/pendidikan/719-inspirasi-dari-di-jepang-membangun-masa-depan-yang-sukses-dari-model-pendidikan-terbaik?page=all
Suprianto, G., Nurdyansyah, N., & ETIS, N. (2020). Analysis of character education in curriculum 13 to build moral awareness in education at SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 5. https://doi.org/10.21070/icecrs2020404
Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian belajar siswa kelas III SDN Karang Jalak I dalam pembelajaran tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif; upaya peningkatan prestasi belajar siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106
Widayat, D. P. (2016). Keefektifan peer support untuk meningkatkan self discipline siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1), 1–9.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Zain, M. S., & Putra, D. S. (2020). Analisis lingkungan belajar: Metode mengajar, kurikulum fisika, relasi guru dengan siswa, dan disiplin sekolah. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 30–41.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.