PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Sri Haryanti Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang

Keywords:

performance planning, incentives, extrinsic motivation, cultural stability

Abstract

Haryanti, Sri. 2024. “Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal”. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing: (1) Dr. Ngurah Ayu Nyoman M., M.Pd.; (2) Dr. Muhammad Prayito, S.Pd., M.Pd.           Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan kinerja guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal yang kurang optimal. Selain itu  pemberian kompensasi yang belum layak untuk banyak guru TK, guru kurang semangat dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru, (4) pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah 100 orang guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal dengan sampel populasi 100 guru. Analisis penelitian meliputi analisis uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji t, uji F, regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini berdasar hasil Uji t, terbukti hasil thitung ≥ ttabel yaitu 4,269  > t tabel 1,98, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,; (2) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini berdasarkan hasil uji t terbukti thitung l yaitu 7,252 ≥ 1,98, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05; (3) Budaya Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini berdasarkan hasil uji t terbukti thitung ≥ ttabel 8,605 ≥ 1,9809, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05; (4) Kompensasi, Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kinerja Guru diperoleh nilai lFhitung > lFtabel (37,137 > l2,70) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,005. Saran bagi Dinas Pendidikan perlu untuk meningkatkan kinerja guru dan kompensasi bagi guru TK. Bagi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompensasi, motivasi, dan budaya sekolah.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Hamid. 2020. Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. Aktualita jurnal penelitian sosial dan keagamaan. Volume 10, Edisi 1

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 2015. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, Dimas Rizky. 2014. Pengaruh Kemampuan, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kecamatan Tambaksari Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 2, Nomor 1. h. 1-10.

Akbar, Mada Faisal, et al. 2021. Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Alimudin. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Jakarta Timur (Penelitian Expost Facto di Kota Madya Jakarta Timur). Jurnal Qiro’ah No. 1 | 2019, Hal. 69

Ardiana, Titin Eka. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Di Kecamatan Jetis Kota Yogyakakarta”. Jurnal Akuntansi dan Pajak. Vol. 17, N0. 2, Hal. 110

Arifin, 2014. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Cet ke-3. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, N. D., & Ardiwansyah, B. (2020). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah yang Religius di MIM Banjarsari Kota Metro. Buana Ilmu, 5(1), 166–184. https://doi.org/10.36805/bi.v5i1.1235

Bachtiar, D. (2012). Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Management analysis journal, 1(1).

Burhanuddin Yusuf, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Dahlan, M., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah dan Diklat terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 218–225. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.25

Daryanto dan Tarno Hery. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah.Yogyakarta: Gava Media.

Dessler, Garry. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi kesembilan. Jakarta: Indek Kelompok Gramedia.

Dessler, Gary. 2000. Human Resource Management 8th Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Sanjaya, P. (2019). Peranan Psikologi Pendidikan Sebagai Kompetensi Dasar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 47. https://doi.org/10.25078/gw.v4i2.1058

Saondi, Ondi & Aris Suherman, 2014. Etika Profesi Keguruan, Bandung: PT Refika

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Simamora, Henry. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: SIE YKPN.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2015). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES

Sri Banum Muslim, 2015. Supervisi PendidikanMeningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.

Sri Widodo. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi, Manggu Media, Bandung.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XVII(1), 87.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada, h. 45-47

Supardi. 2015. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, Hlm 181

Syaifudin, A., Egar, N., & Nurkolis. (2023). Pengaruh Kinerja Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kabupaten Kudus . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3155 - 3163. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1007

Udin Syaefudin Saud, 2015. Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.

Wibowo. 2018. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga, Cetakan 12, Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada.

Winardi, 2023. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Zakiyah, Ela Zain, Sahadi Humaedi, And Meilanny Budiarti Santoso. 2017. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.”

Zamroni. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah, Yogyakarta: Ombak.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)