PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, KOMUNIKASI ORGANISASI, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Ignatius Supriyadi Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13371

Keywords:

kepemimpinan, komunikasi, budaya kerja, kinerja

Abstract

Supriyadi, Ignatius. 2024. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Komunikasi Organisasi, dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung”. Tesis.  Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing : (1) Dr. Noor Miyono, M.Si., (2) Dr. Muhammad Prayito, M.Pd.   Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya mutu pendidikan SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung berdasarkan hasil rapor pendidikan tahun 2022. Rendahnya mutu pendidikan disebabkan kinerja guru yang rendah. Rendahnya kinerja guru diduga karena gaya kepemimpinan kepala sekolah yang kurang demokratis, komunikasi organisasi yang tidak efektif, dan budaya kerja yang masih lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh  gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru; 2) pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja guru;  3) pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru; dan 4) pengaruh kepemimpinan demokratis, komunikasi organisasi, dan budaya kerja secara simultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 200 orang. Sampel penelitian berjumlah 135 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Data dianalisis menggunakan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 30,8%;  2) komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 44,0%; 3) budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 70,6%; dan 4) gaya kepemimpinan demokratis, komunikasi organisasi, dan budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 75,2%. Kesimpulan dari penelitian ini, 1) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan, 2) terdapat pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja guru SD negeri di Kecamatan Kranggan, 3) terdapat pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan, dan 4) ada pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, komunikasi organisasi, dan budaya kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Saran peneliti : kepala sekolah sebagai manajer menerapkan praktik-praktik kepemimpinan demokratis, memastikan komunikasi organisasi berjalan efektif, dan mengembangkan budaya kerja untuk meningkatkan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ma’ruf. (2015) Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Aisyafarda, J., & Sarino, A. (2019) “Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sebagai determinan kinerja guru”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2): 228-237

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T.S., Ariantini, N.S., Rusmayani, N.G.A.L., Aslindar, D.A., dan Ningsih, K.P. (2022) Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo : CV Pradina Pustaka

Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asrul, Ananda, dan Rosnita. (2015) Evaluasi Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung Citapustaka Media

Badu, Syamsu Q. & Djafri, Novianty. (2017) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing

Banjarnahor, A.R., Purba, S., Handiman, U.T., Sesilia, A.P., Simatupang, S., Kato, I., Purba, A.T.L., Sahir, S.H., Rahmawati, I., Widarman, A., Gandasari, D., Purba, B., dan Sianipar, J.H. (2022) Dasar Komunikasi Organisasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis

Budiwanto. (2017) Metode Statistika untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: UM Press

Bukit, B., Malusa, T,. dan Tahmat, A. (2017) Pengembangan Sumber Daya Manusia, Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Zahir Publishing

Direktorat PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2018) Budaya Kerja Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta : Kemdikbud

Erlangga, H. (2018. Kepemimpinan dengan Spirit Technopreneurship. Bandung: Fisip Unpas Press

Farida, Umi & Hartono, Sri. (2016) Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Ponorogo : Umpo Press

Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A .A.G.S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D.S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S.D.H., dan Sumartiningsih, M.S. (2022) Metodologi Penelitian. Banyumas : CV. Pena Persada

Ganyang. M.T. (2018) Manajemen Sumber Daya Manusia. Konsep dan Realita. Bogor : In Media

Hafidulloh, Iradawati, S.N., dan Mochlas, M. (2021) Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Yogyakarta : CV. Bintang Surya Madani

Hardani, Auliya, N.H., Andriani, H., Fardani, R.A., Ustiawaty, J., Utami, E.., Sukmana, D.J., dan Istiqomah, R.R. (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : Pusaka Ilmu

Ibrahim, A., Alang, A.H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M.A., dan Darmawati . (2018) Metodologi Penelitian. Makasar : Gunadarma Ilmu

Ibrahim, N. (2014) Perencanaan Pembelajaran Teori dan Praktik. Jakarta: Mitra Abadi

– Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

– Indonesia. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta

Ismara, K.I., Pramono, H.S., Nugroho, B.U., Dwijonagoro, S., dan Kuncoro, I.H. (2020) Strategi Penerapan Budaya Kerja Industri di Pendidikan Vokasi dengan Selamat dan Sehat. Yogyakarta : UNY Press

Jauhari, Jaja & Rusdiana, (2020) Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung : Yayasan Darul Hikam

Jaya, Farida. (2019) Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara

Joski, V.C., Putri, Y.R., dan Supratman, L.P. (2015) Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMA Regina Pacis Bogor. e-Proceeding of Management : 2 (2) : 2330-2336

Jumenah. (2018) “Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru” (Studi Kasus pada Guru SMA Negeri 94 Kalideres, Jakarta). Mediakom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8 (1): 48-64

Kartono, Kartini. (2013) Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta : Badan Penerbit Rajawali Press

Kemdikbud. (2016) Tata Nilai Budaya Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016, July 26). Diakses pada Maret 27, 2023 dari artikel ilmiah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/07/tata-nilai-budaya-kerja-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta : Kemdikbud

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 Tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara. (2002) Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara

Kurniawan, A.W., dan Puspitaningtyas, Z. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku

Madjid, Abd. (2016) Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen, dan Motivasi Kerja. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Samudra Biru

Mas, S.R. dan Haris, P.I. (2020) Komunikasi dalam Organisasi (Teori dan Aplikasinya). Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo Press

Masrum. (2021) Kinerja Guru Profesional. Cetakan Pertama. Purbalingga: Eureka Media Aksara

Miyono, N., & Basuki, R. (2016) “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus”. Jurnal Smart, 2(1): 119-129

Miyono, N., & Makhsun, N. (2017) “Kompetensi dan Budaya Kerja Guru dalam Membentuk Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung”. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(3):339-352

Miyono, N., & Rosidin, R. (2017) “Determinan Budaya Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Demak”. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 15(3):405-420

Mulyasa. (2013) Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nainggolan, N.T., Gandasari, D., Mawati, A.T., Ardiana, Putu, D., Ardina, Y., Purba, B., Kato, I., Silalahi, M., Purba, S., Rahayu, P.P., Damayanti, W.K., Firdaus, E., dan Simarmata, M.MT. (2021) Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika. Medan : Yayasan Kita Menulis

Priyatama, N. (2013) ”Manajemen Budaya Kerja Indonesia”. Jurnal Wacana, 5 (2):1-17

Neliwati. (2018) Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktik). Medan : Widya Puspita

Nurhayati, Siti. (2019) Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Cetakan Pertama. Lampung: CV IQRO

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (2009) Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja. (2012) Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Permendikbud Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (2010) Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Purba, S., Cendana, W., Salamun, D., Kato, I., Cecep, J.H.P.H., Karwanto, dan Sianipar, P., (2021) Kepemimpinan Pendidikan. Medan : Yayasan Kita Menulis

Pusmenjar. (2020) Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang SD: Modul Pendamping bagi Guru Kelas 5 Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Fisik. Modul. Jakarta: Kemdikbud

Rahmat, A. dan Kadir, S. (2017) Kepemimpinan Pendidikan dan Budaya Mutu. Yogyakarta : Zahir Publishing

Robbins, S.P. dan Judge, Timothy, A. (2015) Perilaku Organisasi. Penerjemah : Saraswati, Ratna dan Sirait, Febriella. Cetakan Kesembilan. 2015 Jakarta : Salemba Empat

Rosalina, L., Oktarina, B.M., Rahmiati, Saputra, I. (2023) Buku Ajar Statistika. Padang : CV. Muharika Rumah Ilmiah

Rukminingsih, Adnan, G., Latief, M.A. (2020) Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Erhaka Utama

Sahir, S.H., (2021) Metodologi Penelitian. Yogyakarta : KBM Indonesia

Samsu. (2014) Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jambi : Pusaka

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005) Jakarta: Sekretariat Negara RI

Setiyadi, B. dan Rosalina, V. (2021) “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru”. : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (01) : 75-84

Siregar, R.T., Enas, U., Putri, D,E., Hasbi, I., Ummah, A.H., Arifudin, O., Hanika, I.M., Zusrony, E., Chairunnisah, R., Ismainar, H., Syamsuriansyah, Bairizki, A., Lestari, A.S., dan Utami, M.M. (2021) Komunikasi Organisasi. Bandung : Widina Bhakti Persada

Somantri, M. (2014) Perencanaan Pendidikan. Konsep Dasar Perencanaan Pendidikan. Analisis Posisi Sistem Pendidikan. Perencanaan Strategis Penuntasan Wajib Belajar dan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. Cetakan Pertama. Bogor: IPB Press

Sunaryo, W. (2016) Instrumen Pengukuran Gaya Kepemimpinan : Konsep dan Metode Pengukuran Gaya-gaya Kepemimpinan yang Efektif untuk Mengelola Kondisi dan Situasi Organisasi yang Spesifik. Bogor : Yayasan Warkat Utama

Supardi. (2014) Kinerja Guru. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suriagiri. (2020) Kepemimpinan Transformasional. Lhokseumawe : CV. Radja Publika

Suriansyah, A. (2014) “Hubungan Budaya Sekolah, Komunikasi, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3): 358-367

Sutikno, S. (2018) Pemimpin dan Kepemimpinan. Tips Prkatis untuk Menjadi Pemimpin yang Diidolakan. Mataram : Holistica

Syafaruddin. (2019) Kepemimpinan Pendidikan: Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan pada Era Otonomi Daerah. Edisi 1, Cetakan 1. Depok: Rajawali Pers

Syah, Lin Yan. (2019) Perilaku Organisasi. Konsep dan Implementasi. Cetakan Pertama. Bogor : In Media

Tahir, Arifin. (2014) Buku Ajar Perilaku Organisasi.Ed.1, Cetakan pertama. Yogyakarta: Deepublish

Tewal, B., Adolfina, Pandowo, M., dan Tawas, H.N. (2017) Perilaku Organisasi. Bandung: CV Patra Media Grafindo

Tjiptadi, D.D. dan Sari, E.D.R. (2021) Kepemimpinan: Fundamental Teori. Jakarta: Yayasan Kita Menulis

Tsauri, Sofyan. (2014) Manajemen Kinerja (Performance Management). Jember : STAIN Jember Press

Utari, S., & Hadi, M. M. (2020) “Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Kota Yogyakarta (Studi Kasus)”. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1): 994-1002.

Wahyuningsih, U., Faizah, N., dan Agustin, N.H. (2018) Budaya Kerja Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wardana, Surya, D. (2013) “Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru yang Sudah Disertifikasi”. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01): 98-109

Widagdo, S., Maulyda, M.A., dan Kholifah, E. (2020) Penilaian Kinerja, Budaya Kerja, dan Kepemimpinan : Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru. Jember : Mandala Press

Wijaya, C. (2017) Perilaku Organisasi. Cetakan Pertama. Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Wijaya, C. & Hidayat, R. (2022) Manajemen Kinerja. Pengelolaan, Pengukuran, dan Implementasi di Dunia Pendidikan. Cetakan Pertama : Medan : Pusdikra Mitra Jaya

Yudha, Kriswangsa Bagus Kusuma. (2018) “Kepemimpinan Demokratis: Definisi, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan” (online), (https://www.finansialku.com/gaya-kepemimpinan-demokratis/, diakses 10 Agustus 2023)

Yuliana, Lia. (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: UNY Press

Yusutria, Hopid, A., Febriana, R., Kholifah, N.A., Urbaningkrum, S.M., Abid, D.F. (2022) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Yogyakarta : Jivaloka Mahacipta.

Zuldesiah, Gistituati, dan Subandi. (2021) “Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar”. Jurnal BASICEDU 5(2):663-67

Downloads

Published

2024-04-28