PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, KOMUNIKASI ORGANISASI, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13371Keywords:
kepemimpinan, komunikasi, budaya kerja, kinerjaAbstract
Supriyadi, Ignatius. 2024. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Komunikasi Organisasi, dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing : (1) Dr. Noor Miyono, M.Si., (2) Dr. Muhammad Prayito, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya mutu pendidikan SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung berdasarkan hasil rapor pendidikan tahun 2022. Rendahnya mutu pendidikan disebabkan kinerja guru yang rendah. Rendahnya kinerja guru diduga karena gaya kepemimpinan kepala sekolah yang kurang demokratis, komunikasi organisasi yang tidak efektif, dan budaya kerja yang masih lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru; 2) pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja guru; 3) pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru; dan 4) pengaruh kepemimpinan demokratis, komunikasi organisasi, dan budaya kerja secara simultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 200 orang. Sampel penelitian berjumlah 135 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Data dianalisis menggunakan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 30,8%; 2) komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 44,0%; 3) budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 70,6%; dan 4) gaya kepemimpinan demokratis, komunikasi organisasi, dan budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 75,2%. Kesimpulan dari penelitian ini, 1) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan, 2) terdapat pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja guru SD negeri di Kecamatan Kranggan, 3) terdapat pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan, dan 4) ada pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, komunikasi organisasi, dan budaya kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Saran peneliti : kepala sekolah sebagai manajer menerapkan praktik-praktik kepemimpinan demokratis, memastikan komunikasi organisasi berjalan efektif, dan mengembangkan budaya kerja untuk meningkatkan kinerja guru.Downloads
References
Abdullah, Ma’ruf. (2015) Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Aisyafarda, J., & Sarino, A. (2019) “Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sebagai determinan kinerja guru”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2): 228-237
Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T.S., Ariantini, N.S., Rusmayani, N.G.A.L., Aslindar, D.A., dan Ningsih, K.P. (2022) Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo : CV Pradina Pustaka
Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asrul, Ananda, dan Rosnita. (2015) Evaluasi Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung Citapustaka Media
Badu, Syamsu Q. & Djafri, Novianty. (2017) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing
Banjarnahor, A.R., Purba, S., Handiman, U.T., Sesilia, A.P., Simatupang, S., Kato, I., Purba, A.T.L., Sahir, S.H., Rahmawati, I., Widarman, A., Gandasari, D., Purba, B., dan Sianipar, J.H. (2022) Dasar Komunikasi Organisasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Budiwanto. (2017) Metode Statistika untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: UM Press
Bukit, B., Malusa, T,. dan Tahmat, A. (2017) Pengembangan Sumber Daya Manusia, Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Zahir Publishing
Direktorat PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2018) Budaya Kerja Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta : Kemdikbud
Erlangga, H. (2018. Kepemimpinan dengan Spirit Technopreneurship. Bandung: Fisip Unpas Press
Farida, Umi & Hartono, Sri. (2016) Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Ponorogo : Umpo Press
Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A .A.G.S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D.S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S.D.H., dan Sumartiningsih, M.S. (2022) Metodologi Penelitian. Banyumas : CV. Pena Persada
Ganyang. M.T. (2018) Manajemen Sumber Daya Manusia. Konsep dan Realita. Bogor : In Media
Hafidulloh, Iradawati, S.N., dan Mochlas, M. (2021) Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Yogyakarta : CV. Bintang Surya Madani
Hardani, Auliya, N.H., Andriani, H., Fardani, R.A., Ustiawaty, J., Utami, E.., Sukmana, D.J., dan Istiqomah, R.R. (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : Pusaka Ilmu
Ibrahim, A., Alang, A.H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M.A., dan Darmawati . (2018) Metodologi Penelitian. Makasar : Gunadarma Ilmu
Ibrahim, N. (2014) Perencanaan Pembelajaran Teori dan Praktik. Jakarta: Mitra Abadi
– Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
– Indonesia. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta
Ismara, K.I., Pramono, H.S., Nugroho, B.U., Dwijonagoro, S., dan Kuncoro, I.H. (2020) Strategi Penerapan Budaya Kerja Industri di Pendidikan Vokasi dengan Selamat dan Sehat. Yogyakarta : UNY Press
Jauhari, Jaja & Rusdiana, (2020) Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung : Yayasan Darul Hikam
Jaya, Farida. (2019) Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara
Joski, V.C., Putri, Y.R., dan Supratman, L.P. (2015) Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMA Regina Pacis Bogor. e-Proceeding of Management : 2 (2) : 2330-2336
Jumenah. (2018) “Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru” (Studi Kasus pada Guru SMA Negeri 94 Kalideres, Jakarta). Mediakom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8 (1): 48-64
Kartono, Kartini. (2013) Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta : Badan Penerbit Rajawali Press
Kemdikbud. (2016) Tata Nilai Budaya Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016, July 26). Diakses pada Maret 27, 2023 dari artikel ilmiah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/07/tata-nilai-budaya-kerja-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta : Kemdikbud
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 Tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur Negara. (2002) Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara
Kurniawan, A.W., dan Puspitaningtyas, Z. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku
Madjid, Abd. (2016) Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen, dan Motivasi Kerja. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Samudra Biru
Mas, S.R. dan Haris, P.I. (2020) Komunikasi dalam Organisasi (Teori dan Aplikasinya). Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo Press
Masrum. (2021) Kinerja Guru Profesional. Cetakan Pertama. Purbalingga: Eureka Media Aksara
Miyono, N., & Basuki, R. (2016) “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus”. Jurnal Smart, 2(1): 119-129
Miyono, N., & Makhsun, N. (2017) “Kompetensi dan Budaya Kerja Guru dalam Membentuk Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Temanggung”. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(3):339-352
Miyono, N., & Rosidin, R. (2017) “Determinan Budaya Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Demak”. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 15(3):405-420
Mulyasa. (2013) Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Nainggolan, N.T., Gandasari, D., Mawati, A.T., Ardiana, Putu, D., Ardina, Y., Purba, B., Kato, I., Silalahi, M., Purba, S., Rahayu, P.P., Damayanti, W.K., Firdaus, E., dan Simarmata, M.MT. (2021) Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika. Medan : Yayasan Kita Menulis
Priyatama, N. (2013) ”Manajemen Budaya Kerja Indonesia”. Jurnal Wacana, 5 (2):1-17
Neliwati. (2018) Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktik). Medan : Widya Puspita
Nurhayati, Siti. (2019) Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Cetakan Pertama. Lampung: CV IQRO
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (2009) Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja. (2012) Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia
Permendikbud Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (2010) Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Purba, S., Cendana, W., Salamun, D., Kato, I., Cecep, J.H.P.H., Karwanto, dan Sianipar, P., (2021) Kepemimpinan Pendidikan. Medan : Yayasan Kita Menulis
Pusmenjar. (2020) Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang SD: Modul Pendamping bagi Guru Kelas 5 Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Fisik. Modul. Jakarta: Kemdikbud
Rahmat, A. dan Kadir, S. (2017) Kepemimpinan Pendidikan dan Budaya Mutu. Yogyakarta : Zahir Publishing
Robbins, S.P. dan Judge, Timothy, A. (2015) Perilaku Organisasi. Penerjemah : Saraswati, Ratna dan Sirait, Febriella. Cetakan Kesembilan. 2015 Jakarta : Salemba Empat
Rosalina, L., Oktarina, B.M., Rahmiati, Saputra, I. (2023) Buku Ajar Statistika. Padang : CV. Muharika Rumah Ilmiah
Rukminingsih, Adnan, G., Latief, M.A. (2020) Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Erhaka Utama
Sahir, S.H., (2021) Metodologi Penelitian. Yogyakarta : KBM Indonesia
Samsu. (2014) Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jambi : Pusaka
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005) Jakarta: Sekretariat Negara RI
Setiyadi, B. dan Rosalina, V. (2021) “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru”. : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (01) : 75-84
Siregar, R.T., Enas, U., Putri, D,E., Hasbi, I., Ummah, A.H., Arifudin, O., Hanika, I.M., Zusrony, E., Chairunnisah, R., Ismainar, H., Syamsuriansyah, Bairizki, A., Lestari, A.S., dan Utami, M.M. (2021) Komunikasi Organisasi. Bandung : Widina Bhakti Persada
Somantri, M. (2014) Perencanaan Pendidikan. Konsep Dasar Perencanaan Pendidikan. Analisis Posisi Sistem Pendidikan. Perencanaan Strategis Penuntasan Wajib Belajar dan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. Cetakan Pertama. Bogor: IPB Press
Sunaryo, W. (2016) Instrumen Pengukuran Gaya Kepemimpinan : Konsep dan Metode Pengukuran Gaya-gaya Kepemimpinan yang Efektif untuk Mengelola Kondisi dan Situasi Organisasi yang Spesifik. Bogor : Yayasan Warkat Utama
Supardi. (2014) Kinerja Guru. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suriagiri. (2020) Kepemimpinan Transformasional. Lhokseumawe : CV. Radja Publika
Suriansyah, A. (2014) “Hubungan Budaya Sekolah, Komunikasi, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3): 358-367
Sutikno, S. (2018) Pemimpin dan Kepemimpinan. Tips Prkatis untuk Menjadi Pemimpin yang Diidolakan. Mataram : Holistica
Syafaruddin. (2019) Kepemimpinan Pendidikan: Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan pada Era Otonomi Daerah. Edisi 1, Cetakan 1. Depok: Rajawali Pers
Syah, Lin Yan. (2019) Perilaku Organisasi. Konsep dan Implementasi. Cetakan Pertama. Bogor : In Media
Tahir, Arifin. (2014) Buku Ajar Perilaku Organisasi.Ed.1, Cetakan pertama. Yogyakarta: Deepublish
Tewal, B., Adolfina, Pandowo, M., dan Tawas, H.N. (2017) Perilaku Organisasi. Bandung: CV Patra Media Grafindo
Tjiptadi, D.D. dan Sari, E.D.R. (2021) Kepemimpinan: Fundamental Teori. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Tsauri, Sofyan. (2014) Manajemen Kinerja (Performance Management). Jember : STAIN Jember Press
Utari, S., & Hadi, M. M. (2020) “Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Kota Yogyakarta (Studi Kasus)”. Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1): 994-1002.
Wahyuningsih, U., Faizah, N., dan Agustin, N.H. (2018) Budaya Kerja Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Wardana, Surya, D. (2013) “Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru yang Sudah Disertifikasi”. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01): 98-109
Widagdo, S., Maulyda, M.A., dan Kholifah, E. (2020) Penilaian Kinerja, Budaya Kerja, dan Kepemimpinan : Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru. Jember : Mandala Press
Wijaya, C. (2017) Perilaku Organisasi. Cetakan Pertama. Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)
Wijaya, C. & Hidayat, R. (2022) Manajemen Kinerja. Pengelolaan, Pengukuran, dan Implementasi di Dunia Pendidikan. Cetakan Pertama : Medan : Pusdikra Mitra Jaya
Yudha, Kriswangsa Bagus Kusuma. (2018) “Kepemimpinan Demokratis: Definisi, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan” (online), (https://www.finansialku.com/gaya-kepemimpinan-demokratis/, diakses 10 Agustus 2023)
Yuliana, Lia. (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: UNY Press
Yusutria, Hopid, A., Febriana, R., Kholifah, N.A., Urbaningkrum, S.M., Abid, D.F. (2022) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Yogyakarta : Jivaloka Mahacipta.
Zuldesiah, Gistituati, dan Subandi. (2021) “Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar”. Jurnal BASICEDU 5(2):663-67
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.