PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Iin Muyasaroh Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13362

Keywords:

: kepemimpinan partisipatif, motivasi, disiplin, kinerja

Abstract

Muyasaroh, Iin .2024. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung”. Pembimbing: (1) Dr. Noor Miyono, M.Si; (2) Dr. Muhammad Prayito, M.Pd.           Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan dengan kinerja guru SD di Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung yaitu, di antaranya: (1) adanya sebagian kinerja guru yang kurang maksimal berkaitan dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang kurang partisipatif, 2) adanya sebagian kinerja guru yang kurang maksimal berkaitan dengan motivasi kerja guru yang rendah, (3) adanya sebagian kinerja guru yang kurang maksimal berkaitan dengan disiplin kerja guru yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja guru, 2) Pengaruh motivasi kerja  terhadap terhadap kinerja guru, 3) Pengaruh disiplin kerja terhadap terhadap kinerja guru, dan 4) Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif , motivasi kerja dan disiplin kerja  secara bersama- sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional dan pendekatan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah 161 orang guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung dan sampel penelitian 115 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda menggunakan SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) gaya kepemimpinan partisipatif  berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru  sebesar  47,8%; 2) motivasi kerja   berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru  sebesar  47,2% ;3 ) disiplin kerja  berpengaruh  signifikan terhadap kinerja guru sebesar 25,3% dan sumbangan relatifnya sebesar 46,1%; 4) gaya kepemimpinan partisipatif, motivasi kerja dan disiplin kerja  berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru  sebesar 79,1% dengan persamaan regresi Ŷ = 69,369 + 0,246X1 + 0,321X2 + 0,322X3. Simpulan Penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja guru, 2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja  terhadap kinerja guru, 3) terdapat pengaruh yang signifikan  disiplin kerja  terhadap kinerja guru, 4) terdapat  pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan partisipatif, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Saran bagi Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Temanggung, untuk melakukan pelatihan team work guru skala tingkat kecamatan untuk mengembangkan motivasi kerja dan disiplin kerja guru. Bagi Kepala Sekolah diharapkan menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif, melibatkan guru dalam pengambilan keputusan, dan menciptakan lingkungan kolaboratif.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ajabar. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sleman: Deepublish.

Anwar, Moch. Idochi. 2013. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Arika, D. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Unpas)

Ariyiliyanto, A. 2013. Motivasi kerja: Studi indigenous pada guru bersuku jawa di Jawa Tengah. Journal Of Social and Industrial Psychology, 2(2).

Asterina, Fitri., & Sukoco, S. 2019. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin guru terhadap kinerja guru. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan, 7(2), 208-219.

Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakata: Ar- Ruzz Media.

Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Darmadi. 2018. Membangun paradigma baru kinerja guru. Guepedia Publisher.

Darojat, Tubagus Achmad. 2015. Manajemen Personalia Masa Kini. Bandung: PT. Refika Aditama.

Didin Kurniadi dan Imam Machali. 2016. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Romadhon, M., & Zulela, M. S. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 479-489.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S., Nurkolis, N., & Rasiman, R. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Mutu Sekolah Dasar di Kabupaten Jepara”. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 5(3): 73-84.

Sulistyo., & Wijayanto. 2015. Meningkatkan Kinerja Guru Ditinjau dari Kedisiplinan dan motivasi kerja guru di SD Negeri X Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi” Surakarta, 21 November 2015 ISBN: 978-979-3456-52-2.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Surajiyo. Nasruddin. Paleni, Herman. 2020. Penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori dan Aplikasi (Menggunakan IMB SPSS 22 For Windows). Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencan.

Taufik, Muhammad. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru.Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(02): 465-478.

Turang, R. C. 2015. Influence of leadership style, motivation, and work discipline on employee performance in Pt. Dayana Cipta. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(4).

Uno, B Hamzah. 2014. Teori Motivasi dan pengukurannya (Analisis di bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo.2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya (9th ed.). PT Raja Grafindo Persada

Widagdo, Suwignyo, dkk., 2020. Penilaian Kinerja, Budaya Kerja, dan Kepemimpinan: Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru. Jember : Mandala Press.

Wiji Wahyuni. 2015. AnalisisPengaruhPelatihan, Disiplin, dan Kepuasan KerjaTerhadap Produktivitas Kerja guru Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kediri. Artikel.

Downloads

Published

2024-04-28