PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERIDI WILAYAH KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Authors

  • Iin Setiyani Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Program Studi Manajemen Pendidikan Program Magister Pasca Sarjana, Upgris Semarang
  • Muhammad Prayito Program Studi Manajemen Pendidikan Program Magister Pasca Sarjana, Upgris Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13363

Keywords:

Peran Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja Guru

Abstract

IIN SETIYANI. 2024. Pengaruh Peran Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri Di Wilayah Kecamatan Kranggan  Kabupaten Temanggung. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. Noor Miyono, M.Si., Pembimbing II: Dr. Muhammad Prayito, M.Pd. Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan dengan kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung masih relatif rendah dalam dimensi 1) Pekerjaan itu sendiri dengan indikator tugas/ pekerjaan yang menarik dan kesempatan belajar dan kesempatan menerima tanggung jawab; 2) Kesempatan Promosi, dengan indikator peluang promosi dan pengingkatan kemampuan pegawai; 3) Pengawasan, dengan indikator supervisi atasan  dan bimbingan/ pengarahan atasan;  dan  4) Rekan kerja, dengan indikator kerjasama dan dukungan antar sekan kerja, komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui pengaruh peran kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di wilayah Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung; 2) Untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di wilayah Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung; 3) Untuk mengetahui pengaruh bersama-sama peran kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri  di wilayah Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung berjumlah 200 guru dan sampel penelitian 135 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda, uji F (ANOVA) dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif antara peran kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana =33,291+0,633X1; (2) Terdapat pengaruh positif antara iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru sekolah dasar, yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana =27,783+0,847X2; (3) Terdapat pengaruh positif antara peran kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara simultan  terhadap kepuasan kerja guru sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi berganda =26,603+0,378X1+0,394X2, dengan kontribusi pengaruh peran kepala sekolah  dan iklim organisasi sekolah sebesar 78,30%. Saran dari peneliti adalah : Peran kepala sekolah sebagai manajer perlu ditingkatkan dalam indikator  menyusun program sekolah dan mengelola guru dan karyawan. Kepala sekolah di sarankan menyusun program secara terstruktur dan melaksanakan sesuai yang di programkan, sedangkan dalam pengelolaan guru dan karyawan kepala sekolah disaran kepada kepala sekolah untuk bisa memberikan beban kerja secara merata kepada guru supaya kepuasan kerja guru dapat tercapai.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Yogyakarta : Nusa Media.

Afi, P. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta : CV Budi Utama.

Ambarita, A . (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Amir, Faizal, dan Sartika, S. B. (2017) Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Umsida press. Isbn 978-979-3401-67-6

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta : ArRuzz Media.

Arikunto, S. (1998). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

______ (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_____ (2013) Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astuti, D., Yuliejantiningsih, Y., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Susukan. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 4(2), 289-296.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Darodjat, Tubagus A. (2015). Konsep- Konsep Dasar Manajemen Personalia. Surabaya: Refika Aditama.

Fakhry dan Tien. (2021). Iklim Organisasi Era Digital, Konseptual dan Operasionalisasi. Yogyakarta: Budi Utama.

Fattah, N, (2014). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Fauzi, A. dkk., (2022). Metodologi Penelitian. Banyumas : CV. Pena Persada.

Handayani, dkk. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pada PT. Bumi Karsa Makassar. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol 3, No 1.

Hardani, dkk., (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : Pusaka Ilmu

Hasibuan, M.S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Hendarman. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter, Cet-2, Jakarta

Hermino, (2014). Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung: Alfabeta.

Hikmawati, F .(2017). Metedeologi Penelitian. Depok : Gaja Grafindo

Hoy, W.K & Miskel, C.G. (2014). Administrasi Pendidikan : Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ibrahim, A., dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar : Gunadarma Ilmu

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.

Komariyah, K., Haryati, T., & Miyono, N. (2020). Pengaruh Peran Kepala Sekolah Dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ampelgading Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(3).

Kompri. (2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Siswa dan Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniawan A. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, A. W. dan Z. Puspitaningtyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku

Kusumaputri, E.S (2018). Komitmen pada Perubahan Organisasi (Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi)., Yogyakarta: Deepublish

Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenamedia Group.

Maya H. (2012). Kesalahan-kesalahan Umum Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidikan, Bukubiru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchtar, S. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Rosda Karya.

Mulyasa. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyono. (2017). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Dan Praktek) (Issue 57).

Niam, S., Yuliejantiningsih, Y., & Miyono, N. (2020). Pengaruh peran kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD di Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2).

Parnawi, (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta : CV Budi Utama.

Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah

Priansa, Donni, J dan Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Purwandono, A. (2021). Pengembangan fundamental movement skills melalui the-low organized games based program. Universitas Pendidikan Indonesia

Rahman, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam , 2 (1), 1-8.

Robbins, S., & Judge, T. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

______(2017). Organizational Behaviour, Edisi 13, Jilid 1, Salemba Empat. Jakarta

Sagala, S. (2016). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahir dan Syafrida, H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia

Sekaran, Uma. (2003). Research Methods For Business: A Skill Building Aproach, New York-USA: John Wiley and Sons, Inc

Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. PT Scopindo Media Pustaka: Surabaya.

Simamora, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : SIE YKPN.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______ (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_______ (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

_______(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suhardiman, B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah : Konsep Dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sumarni, S., Murniati, N. A. N., & Yuliejantiningsih, Y. (2020). Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(3).

Suparno. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasionalpasal 35 dan 39

Usman. (2014). Manajemen: teori, praktik & riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, (2014). Manajemen Kinerja. Edisi keempat. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.

Wirawan. (2013). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

________ (2015). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

________ (2016). Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Manajemen Vol 4

Wulansari, Haryati. T, Adullah G. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sekolah Dasar Bustanu Usysyaqil Qur’an Demak, Demak

Downloads

Published

2024-04-28