PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI SIDAMULYA 02 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES

Authors

  • Sri Ariyanti Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18274

Keywords:

Komite Sekolah, Mutu Pendidikan, Peran Pemberi Pertimbangan

Abstract

Ariyanti, Sri. 2024. "Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri Sidamulya 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes." Tesis.Pembimbing: (I) Dr. Nurkolis, M. M; (2) Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd. Konteks penelitian ini adalah Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN Sidamulya 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Komite sekolah memiliki peran sebagai badan pertimbangan, pendukung, dan pengontrol. Komite Sekolah SDN Sidamulya 02 berperan aktif sebagai pemberi pertimbangan, pendukung dan pengontrol dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Sidamulya 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Sidamulya 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, ketua komite sekolah, guru dan wali murid. Analisis data yang digunakan melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komite sekolah di SD Negeri Sidamulya 02 dalam meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi subfokus 1) peran komite sebagai pemberi pertimbangan dalam peningkatan mutu pendidikan telah memberikan pertimbangan dalam penyusunan visi, misi dan tujuan sekolah, penyusunan RKS, pembuatan program mini kelas, pertimbangan dalam pengelolaan dan pengembangan sekolah seperti ekstrakurikuler, lomba kelas, paguyuban wali murid, dan lainnya. 2) Peran komite sekolah sebagai pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan bahwa komite SD Negeri Sidamulya 02 dalam perannya telah memberikan dukungannya kepada sekolah baik finansial, tenaga, ide, pikiran maupun kebutuhan pemenuhan sarana prasarana sekolah lainnya. Komite sekolah juga aktif berperan serta dalam kegiatan pengembangan kelas, partisipasi pendampingan kegiatan lomba, dan penyediaan sarana kebersihan kelas lainnya. 3) Peran komite sekolah sebagai pengontrol dalam meningkatkan mutu pendidikan bahwa komite SD Negeri Sidamulya 02 belum melakukan kontrol langsung pelaksanaan pembelajaran di kelas dan menilai kinerja individu sekolah seperti kepala sekolah dan guru, tetapi komite hanya melakukan pengawasan dan evaluasi melalui kegiatan komunikasi dan diskusi dengan warga sekolah. Saran penelitian ini adalah komite diharapkan dapat memperbaiki kekurangan komite khususnya dalam perannya sebagai pengontrol yakni komite dapat melakukan kontrol langsung dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas meskipun hanya sebatas kepentingan mengontrol kelayakan guru dalam melaksanakan pembealajaran di kelas.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amarin, Sunandar, Miyono, N. 2014. “Peran Komite Sekolah Dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SD Islam Terpadu Buah Hati Kabupaten Pemalang”, Jurnal Universitas PGRI Semarang, 84-85

Firdauza, A.N. “Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan Pendidikan (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Sukorejo Ponorogo)”, (Tesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2019), hlm. 33. Diakses dari http://etheses.iainponorogo.ac.id pada tanggal 17 Juli 2024 pukul: 09.32

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asmani, J.M. 2012. Tips Aplikasi Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Diva Press,: 196.

Departemen Pendidikan Nasional, 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,

Ghony, D. dan Almanshur. F. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar- Ruzz Media: Yogyakarta. (Moleong, 2018: 249).

Hardani, dkk (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup

Hidayati, W. H. (2023). Peran Komite Sekolah Dalam Pengadaan Sarana Dan Prasarana di TK ABA Among Putro Kadirojo Palbapang Bantul. Wahyu Pambudi, 1.

Idris, S., Rambe, D., Afriani, D., & Hastuti, H. (2021). Manajemen Kolaborasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat (Studi Deskriptif pada Organisasi Ikatan Keluarga Besar Baringin Sip). Hikmah, 18(1), 1-12.

Ismail, I., Hanim, Z., & Dwiyono, Y. (2021). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri Kongbeng, Kutim. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 16-20.

Mahmud, M. 2012. Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mar’ati, A. (2022). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 10, No. 2, 478-484.

Miles, M.B, Huberman,A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. Sage Publications.

Minarti,Sri. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Misbah. 2009. Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Insania Vol. 14 No. 1 Jan-Apr 2009 hal 68-91

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Mulyadi. 2010. Kepemimipinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Maliki Press

Nurkolis, 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo, : 128.

Permendikbud RI no. 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Permendikbud RI Nomor 28 Tahun 2016. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pertiwi, A. P. (2018). Efektivitas Peran Komite Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri se Jakarta Utara (Master's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

Purwantini, R. (2018). Purwantini, R. (2022). Implementasi School Based Management Dan Partisipasi Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sd Negeri 1 Jampiroso Kabupaten Temanggung (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Qomar, Mujamil, 2007. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Malang: Gelora Aksara Pertama

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11-20.

Rohmah, Noer, Fanani, Zainal.2017. Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani, 2017, 205.

Satori, Djam’an dan Komariah Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winoto, Suhadi .2021. Komite Sekolah/Madrasah dan Manajemen Mutu Pendidikan . Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.

Downloads

Published

2024-09-30