PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PROFESIONAL, DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SMP/MTs KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19572Keywords:
Kepemimpinan, Kompetensi Profesional, Kesejahteraan PsikologisAbstract
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, kompetensi profesional guru, dan kesejahteraan psikologis guru terhadap mutu pendidikan di SMP/MTs Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, dengan sampel penuh 111 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui SPSS for Windows versi 29.0 dan SPSS Amos versi 26.0. Hasil menunjukkan kepemimpinan instruksional kepala sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap mutu pendidikan sebesar 46,3%, sementara kompetensi profesional guru berkontribusi positif sebesar 45,0%. Kesejahteraan psikologis guru juga menunjukkan pengaruh positif signifikan sebesar 26,1%. Secara keseluruhan, variabel kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, dan kesejahteraan guru secara bersamaan berkontribusi sebesar 80,2% terhadap mutu pendidikan, ditunjukkan oleh nilai Adjusted R Square 0,802, dengan 19,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan mutu pendidikan memerlukan sinergi antara kepemimpinan yang efektif, peningkatan kompetensi profesional guru, dan dukungan kesejahteraan psikologis guru. Pengelolaan sekolah yang baik serta sistem pendukung bagi guru memainkan peran penting dalam mendorong kualitas pendidikan yang lebih tinggi dan hasil yang optimal.Downloads
References
Buku:
Mulyasa, E. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jurnal:
Amalia, K. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Mutu Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang”. Bandung: repository.upi.edu.
Amalia, M. 2017. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Global”. Yogyakarta: UNY.
Anwar, R.A. 2020. “Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu pendidikan Pada SMAN 3 Rejang Lebong”. Curup: Tesis.
Aulia, N.R, Shodiqoh, E.L, Cahyaningrum, S.P. 2023. “Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan”. Malang: BASA Vol. 3, No.1, Bulan 4 Tahun 2023, E-ISSN: 2797-0663.
Indryawati, R. 2014. “Kesejahteraan Psikologis Guru Yang Mendapatkan Sertifikasi”. Jurnal Psikolog Universitas Gunadarma, Vol.7 No.2, Desember 2014.
Setyowati, R.D & Miyono, N. 2024. “Peran Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Terhadap Mutu Kinerja Mengajar Guru Di SMPN 3 Boja”. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak: 2477-5673 ISSN Online: 2614-722X Volume 10 Nomor 01, Maret 2024.
Suherni, L. 2019. “Hubungan Tingkat Kesejahteraan dan Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan”. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/annidhom/article/view/4454/3019
Syamsudin, A.P. 2023. “Kepemimpinan transformasional dan instruksional kepala sekolah untuk meningkatkan mutu lulusan (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta)”. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, Volume 01, Issue 02, 2023, 135-145, E-ISSN: 2985-7945.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.