PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK MENCEGAH BULLYING DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BANCAK KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18272Keywords:
Peran Kepala Sekolah, Sekolah Ramah Anak, BullyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manager dan supervisor dalam implementasi Sekolah Ramah Anak untuk mencegah bullying di TK N Pembina Bancak Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang digunakan untuk mengumpulkan data deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua murid, dan pengawas. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tehnik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis dekskriptif interaktif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai manager dalam Implementasi Program Sekolah Ramah Anak untuk mencegah bullying: (a) Merencanakan Program Sekolah SRA secara tertulis, (b) Mengelola Standar Nasional Pendidikan pada program sekolah ramah anak anti bullying. (c) Melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi program sekolah ramah anak anti bullying. (d) Melaksanakan kepemimpinan sekolah ramah anak anti bullying. (e) Mengelola Sistem Informasi Manajemen Sekolah terkait strategi dalam melaksanakan proses pembelajaran melalui program program sekolah ramah anak anti bullying; (2) Peran Kepala Sekolah sebagai supervisor: (a) Merencanakan program supervisi guru dan tenaga kependidikan dalam program Sekolah Ramah Anak untuk mencegah bullying, (b) Melaksanakan supervisi guru tentang pelaksanaan program SRA, (c) Melaksanakan supervisi terhadap tenaga kependidikan terkait program sekolah ramah anak anti bullying, (d) Menindaklanjuti hasil supervisi terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru termasuk program sekolah ramah anak anti bullying, (e) Melaksanakan Evaluasi Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program program sekolah ramah anak anti bullying, (f) Merencanakan dan menindaklanjuti hasil evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program.Downloads
References
Ahmad, S., & Muharom, F. (2017). Upaya Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. IAIN Surakarta.
Anak, D. T. K., & DAN, K. P. P. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Andang. 2014. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah: Konsep, Strategi, & Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Damanik, H., & Pakpahan, S. P. (2018). Pengembangan Bahan Ajar tentang Sekolah Ramah Anak pada Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 16(1), 37-50.
Dhani, D. P. (2016). Program Pengembangan Sekolah Berkarakter Ramah Anak Melalui Olahraga dan Pendidikan Jasmani.
Diswantika, N., & Tanod, M. J. (2018). Kontribusi Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar SDN 2 Rawa Laut Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 70-80.
Hajroh, M. 2017. Kebijakan Sekolah Ramah Anak, Yogyakarta: CV Andi Offset
Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al- Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 49-76.
Hidayatullah, M. N., & Dahlan, M. Z. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif dan Efesien. Literasai Nusantara.
Jahidin, U. H., & Torro, S. (2020). Peran Kepala Sekolah Terhadap Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri di Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi, 7, 73–80.
Jasmani Asf & Syaiful, Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Kurniawan, Ansar, & Arwildayanto. (2020).Implementasi Program sekolah Ramah Anak Pada sekolah Menengah Atas.Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1),170–183. https://doi.org/: https://doi.org/10.17509/jap.v26i2
Sakti, B. P. (2016). Indikator Sekolah Dasar Ramah Anak. Prosiding Seminar Nasional PKO FKIP UTP, 163–176.
Sholeh. A.N .2016. Panduan Sekolah Ramah Anak. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Susilowati, L. (2017). Persiapan sekolah ramah anak di Salatiga: Pemetaan kebutuhan dan identifikasi masalah dari perspektif peserta didik. KRITIS Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, 26(1), 1-21.
Torro, S. (2019). Kontribusi Komite Sekolah Terhadap Pelaksanakan Sekolah Ramah Anak Pada SMP di Kabupaten Takalar. Seminar Nasional LP2M UNM
UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. 2010. Bandung: Refika Aditama. https://jdihn.go.id
Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86-94.
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145- 154.
Yulianto, A. 2016. Pendidikan Ramah Anak Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 137-156.
Zulyan, Z. 2021. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) Dalam Pencegahan Kekerasan Pada (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu). JUPANK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 1(1), 70- 81. https: //journal.umb.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.