IMPLEMENTASI PAIKEM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PATUKANGAN KENDAL

Authors

  • Achmad Faozi Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • I Made Sudana Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13385

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran, PAIKEM

Abstract

Achmad Faozi. 2024. “Implementasi PAIKEM di Sekolah Dasar Negeri 2 Patukangan Kendal”. Tesis. Pembimbing (1) Dr.Titik Haryati, M.Si dan Pembimbing (2) Dr.Ir.I Made Sudana, M.Pd. Penelitian ini membahas tentang Implementasi PAIKEM di Sekolah Dasar Negeri 2 Patukangan Kendal Kabupaten Kendal. Implementasi PAIKEM memiliki komponen dan indikator yang memungkinkan untuk diteliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sejalan dengan hal tersebut, tulisan ini merujuk pada 2 (dua) tujuan, yaitu: (1) Mendeskripsikan unsur-unsur implementasi PAIKEM di Sekolah Dasar Negeri 2 Patukangan Kendal dan (2) Mendeskripsikan tahapan implementasi PAIKEM di Sekolah Dasar Negeri 2 Patukangan Kendal. Penelitian yang dilakukan pada tanggal 1 Desember 2023 – 28 Februari 2024 di SD Negeri 2 Patukangan Kendal Kabupaten Kendal ini menggunakan metode deskriptif dengan perolehan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Lebih lanjut, teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini menggunakan Model Interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Temuan menunjukkan bahwa unsur – unsur implementasi PAIKEM yang meliputi Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan telah diterapkan di SD Negeri 2 Patukangan dan berdampak positif pada siswa dan guru. Selanjutnya, asesmen dan refleksi dengan tujuan agar dapat melihat kekurangan dan kelebihan sebagai bahan perbaikan pembelajaran yang akan datang dilakukan secara maksimal dengan mempertimbangkan kemampuan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Permdiknas RI No.22 tahun 2016.tentang standar proses pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah..

Adang, Darmajari & Arip. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Ahmadi Lif Khoiru dan Amri Sofan. 2013. PAIKEM Gembrot “Mengembangkan pembelajaran aktif, inovatif, menyenangkan, gembira dan berbobot.”

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armini, Ni Wy. Yanti, Md. Putra, dan I Wy. Sujana. 2014. “Pendekatan PAIKEM Berpengaruh terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro, Denpasar Barat”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol: 2 No: 1 Tahun 2014.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bruce and Joyce. (2009). Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall International.

Depdiknas. 2000. Rambu-Rambu Penilaian Kinerja Kepala Sekolah(SLTP dan SMU). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Depdiknas. 2006 a. Buku Petunjuk Penilaian. Jakarta :Depdiknas.

-------------. 2006 b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2013. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Hadi, Yul Alfian, N. Dantes, A.A.I.N. Marhaeni . 2013. “Pengaruh Strategi PAIKEM Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 6 Korleko Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013”. Program Studi Pendidikan Dasar,Volume 3 Tahun2013.

Hadiyanti, Rini. 2013. ”Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah Pemerintaha Kota Samarinda”. E-Journal Ilmu Pemerintah, Volume 1 Nomor 3 Tahun 2013.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: DIVA Press.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Surabaya: Erlangga.

Moleong, J., Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep; Strategi dan Implementasi. Bandung: Rosda.

Narbuko dan Abu Ahmadi. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendiknas Nomor 41. 2007. Standar Proses. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Rajagukguk, B. 2009. “Paradigma Baru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Tabularasa PPs Unimed, Vol. 6 No. 1, Juni 2009.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Prodfesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh Prastyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Senowarsito, Arisul Ulumudin, dan Eva Ardiana Indrariani. 2012. “Implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam Konteks Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kota Semarang”. Media Penelitian Pendidikan Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Volume 6 Nomor 1 Juni 2012.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif LearningTeori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2024-04-28