IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL DI SDN KARANGGEDONG TEMANGGUNG

Authors

  • Rohyani Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana,Universitas Pgri Semarang
  • Rasiman Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana,Universitas Pgri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13375

Keywords:

Implementasi Profile Pelajar Pancasila, Karakter Berkebhinekaan Global

Abstract

Rohyani. 2024. Implementasi  Penguatan Profile Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global  di SDN Karanggedong Temanggung. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Endang Wuryandini, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rasiman, M.Pd Karakter merupakan aspek utama dalam membentuk kualitas seseorang untuk dapat menjadi insan yang mulia. Pendidikan karakter di sekolah mengacu pada delapan belas nilai-nilai karakter yang dianggap penting untuk dipahami dan dihayati oleh siswa. Pendidikan karakter tidak dimulai di sekolah tetapi harus ditanamkan  dalam kehidupan sehari-hari anak sejak dini salah satunya karakter kemandiriaan. Fokus dari penelitian yaitu 1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan  implementasi  Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimensi berkebhinekaan global 2) mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan  implementasi  Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimensi berkebhinekaan global, 3)  mendeskripsikan dan menganalisis pengawasan implementasi  Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN KaranggedongTemanggung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui 1) tahap pra lapangan atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, 3) analisis data.  Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi ,identifikasi sumber daya, penetapan tujuan,menentukan waktu , pengorganisasian 2)Pelaksanaan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila meliputi pelaksanaan program, sarana dan prasarana, 3)  Pengawasan  Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi membuat instrumen penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan tindak lanjut. Penulis menyarankan agar kepala sekolah dan guru sebagaimana bertindak sebagai pelaku utama pada kegiatan ini senantiasa harus berkolaborasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfonsus Sam, Vitalis Tarsan, Ambros Leonangung Edu. 2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. Volume 4 No. 1.

Arifin, Tahir. 2014. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan. Pemerintahan Daerah. Bandung: Alvabeta

Arikunto, Suhaertono, Suhardjono & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Azizah. 2018. Pengaruh Keterampilan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gunung Subur Sejahtera Karanganyar. Institutional

Badan Standar Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan KEMENDIKBUDRISTEK RI, Dimensi, Elemen Dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. 2022.

Bastian, Adolf dan Asarina Jehan Juliani, 2021. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 15-16

Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endang Sri Maruti, Ibadullah Malawi, Muhammad Hanif, Sri Budyartati, Nur Huda, Wahyu Kusuma, & Moh. Khoironi. 2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8. Irdayanti, Lieska Sukma. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended

Fatah, N. 2013. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Facione, Peter A. 2013. Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Repository Library UMS, 6-11.

Hadi, Ananda. Nur Putra. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 3 Gresik. Skripsi tidak dipublikasikan. Gresik: UMG.

Simalungun, U., & Indonesia, M. 2021. Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 1(3), 282–289.

Handoko, H.T. 2015. Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia (edisi 2) Yogyakarta: BPFE

Hayati, Mardia. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Pekanbaru: Al- Mujtahadah. Press

Indra Kartika Sari, Ade Pifianti, & Chairu. 2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 13 No. 2, Mei 2023: 138-147.

Jacob, S. M ; Sam, H. K. 2008. Measuring Critical Thinking In Problem Solving Through Online Discussion Forums In First YearUniversity Mathematics. Vol 1.

Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020- 2024. Jakarta: Dirjen Peraturan Perundang-undangan

Kibtiyah, A. M. 2022. Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87.

M. Thobroni. 2017. Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Marno dan Triyo Supriyatno. 2014 Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications

Moloeng, L. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RosdakaryaMulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mudasir. 2012. Desain Pembelajaran, Indragiri Hulu: STAI Nurul Falah Muhammad Zaim. 2019. Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal Muslim heritage. Vol. 4, no. 2

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. 2020. Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura; Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238

Mulyasa, E. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa, 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nadila, R, Aeni, K. 2023. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Randugunting 7 Kota Tegal. Journal Elementary Education Volume 12 No. 1.

Nastia. 2014. Implementasi Perda No. 02 Tahun 2004 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Baubau (Studi Penggunaan Lahan Dalam Pengembangan Wilayah). Journal Of Governance And Public Policy. 1 (1) 3-16.

Purwanto, Ngalim. 2016. Psikologi Pendidikan. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Ratnaningtyas, Y. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 1 No. 5 Tahun 2016: Hal 86-94

Rahma, Siti. 2017. Analisis Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Pembelajaran Socrates. Konstektual Di SMP Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah

Sagala, Syaiful. 2016. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sahyar, Sani, R. A. & Malau, T. 2017. The effect of problembased learning (PBL) model and self regulated learning (SRL) toward physics problem solving ability (PSA) of students at senior high school. American Journal of Educational Research, 2017, 5(3), 279-283.

Samsul, A. 2021. Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era MIlenial. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwekerto.

Seni Asiati & Uswatun Hasanah. 2022. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar di Sekolah Penggerak SMP Negeri 231 Jakarta. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, Volume 19 No.2, Desember 2022, 61-72.

Sugiyono. 2015. Metodoe Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metodoe Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sutinah Ningsih. 2020. Analisis Efektivitas Pembelajaran Dengan Media Belajar Google Classroom Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Kelas Xi Di Sma Puragabaya Bandung 2019/2020). Journal of Chemical Information and Modeling 01(01): 1689–99

Syahida, Agung, Bayu. 2014. Implementasi Perda Nomor 14 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Sampah Di Kota Tanjungpinang (Study Kasus Di Kelurahan Tanjung Unggat).

Taufik, Mhd. dan Isril. 2013. Implementasi Peraturan Daerah Badan Permusyawaratan Desa. Jurnal Kebijakan Publik, 4 (2) 1-25.

Tri Sulistiyaningrum dan Moh. Fathurrahman. 2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan JPK 9(2), 2023: 121-128.

Yeni Fitriya, Ardiyan Latif. 2022. Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4

Wulandari, Dewi. 2017. Efektivitas model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA materi sistem respirasi. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-28