STRATEGI MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS HASYIM ASY’ARI BAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13625Keywords:
strategi, manajemen, Mutu PendidikanAbstract
Edy Mustofa, 2024. “Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Hasyim Asy’ari Bawang”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Titik Haryati, M.S.c; (2) Dr. Noormiyono,M.Sc. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menelaah bagaimana upaya meningkatkan manajemen mutu pendidikan di MTs Hasyim Asy’ari Bawang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Analisis data deskriptif kualitatif menggunakan teori Miles, Huberman &Saldana. Strategi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Hasyim Asy’ari Bawang dengan cara: (1) siasat menciptakan suasana madrasah yang aman dan nyaman, kepala madrasah bersama dengan wakil kepala madrasah membuat aturan dan tata tertib MTs Hasyim Asy’ari Bawang, (2) melaksanakan Program dan Aktivitas: (a) Meningkatkan Kualitas Guru MTs Hasyim Asy’ari Bawang, (b) Meningkatkan Prestasi Siswa Baik Prestasi Akademik Maupun Non Akademik, (c) Meningkatkan Prestasi Nilai Ujian Nasional dan Ujian Madrasah, (d) Meningkatkan Sarana Prasarana. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hasyim Asy’ari Bawang: (1) melaksanakan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Hasyim Asy’ari Bawang, (2) mendapatkan dukungan Pemerintah bagi MTs Hasyim Asy’ari Bawang, (3) meningkatkan Kepemimpinan Kepala MTs Hasyim Asy’ari Bawang, (4) Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Hasyim Asy’ari Bawang, (5) Meningkatkan Lulusan MTs Hasyim Asy’ari Bawang Yang Berkualitas.Downloads
References
Abdul Hadis dan Nurhayati B., Manajemen Mutu Pendidikan (Bandung: Penerbit AlfaBeta, 2020.) 100-101
Abdul Hadis dan Nurhayati, 2010, Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabetha
Ace suryadi dan H. A.R. Tilaar, analisis kebijakan pendidikan suatu pengantar (Bandung: PT. Remaja Roesda Karya, 2018), 108.
Amiruddin Siahaan, dkk. 2023. Manajemen Pengawas Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching
Aziz, Amrullah. 2015. Peningkatan mutu pendidikan. Jurnal studi Islam:Pancawahana. 10(2). 1-13
Depdiknas, 2000. Manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah: Konsep dan pelaksanaan. Jakarta: Depdiknas
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal. Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
Gunawan, H., Suryadi, K., & Malihah, E. (2015). Analisis Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Desa Cihideung sebagai Desa Wisata. Jurnal Sosietas, 5(2).
Hadiyanto, Mencari sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2014), 100
Iwan Purwanto, Manajemen Strategi (Bandung: CV. Yrama Widya, 2017), 80-81.
Makawimbang, J. H. (2012). Kepemimpinan pendidikan yang bermutu. Bandung: Alfabeta.
Mesiono. 2012. Manjemen Organisasi, Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Nurhasan, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum Untuk Abad 21, Indikator
Nurhasan, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum Untuk Abad 21, Indikator Cara Pengukuran Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan (Jakarta: PT. Sindo, 2014), 390
Oemar Hamalik, Evaluasi Kurikulum (Bandung: Penerbit Remaja Rosda karya, 2015), 22
Pidarta, Made. 2015. Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. 1, Jakarta: Bina Aksara.
Rizkita, K & Supriyanto, A. 2020. Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan. 8(2). 155-164
S Joremo Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip Prinsip Perumusan dan tata Langkah Penerapan (Jakarta: Penerbit Riene Cipta, 2015), 85.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfbeta.
Soebagio Atmodiwirio, Manajemen Pendidikan Indonesia (Jakarta: Penerbit Ardadizya Jaya, 2022), 22
Soesilo, Nining I. Manajemen Stratejik di Sektor Publik (Pendekatan Praktis), Buku II. (Jakarta: Universitas Indonesia 2020), 7-9.
Suhendri. (2019). Penerapan manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa Medan. universitas Darmawangsa Medan.
Sulaiman, A & Wibowo, U, B. 2016. Implementasi sistem penjaminan mutu internal sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di universitas gadjah Mada. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan. 4(1). 17-32
Syafaruddin, Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan. (Jakarta: Grasindo, 2010)
Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2017), 5
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.