ANALISIS PEMETAAN DAN STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI PAGERTOYA LIMBANGAN KENDAL

Authors

  • Sigit Rudiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21594

Keywords:

mutu pendidikan, SD Negeri Pagertoya, rapor pendidikan, peningkatan kualitas

Abstract

Mutu pendidikan merupakan indikator penting dalam menentukan keberhasilan sistem pendidikan di Indonesia. Namun, data Rapor Pendidikan tahun 2024 menunjukkan bahwa mutu pendidikan di SD Negeri Pagertoya Limbangan Kendal masih berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 52,77. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk memperbaiki beberapa aspek, termasuk kualitas pembelajaran, manajemen sekolah, dan partisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi mutu pendidikan di sekolah tersebut, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan mutu. Dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian ini menemukan bahwa faktor pendukung mencakup fasilitas sekolah yang memadai, komitmen kepala sekolah dan guru, serta keterlibatan orang tua siswa. Sebaliknya, hambatan utama meliputi kurangnya pelatihan guru berbasis teknologi, keterbatasan anggaran, dan rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rekomendasi mencakup pelatihan guru, optimalisasi fasilitas sekolah, penguatan kolaborasi warga sekolah, dan pemanfaatan data Rapor Pendidikan untuk perencanaan strategis. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk upaya peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dirman, & Juarsih, C. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Engkoswara. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fatah, N. (2017). Implementasi Standar Nasional Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Panduan Pemetaan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbudristek. (2020). Rapor Pendidikan: Panduan Peningkatan Mutu Berbasis Data. Jakarta: Kemendikbudristek.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan: Standar Nasional Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2019). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sallis, E. (2005). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page.

Stoll, L., & Fink, D. (1996). Changing Our Schools: Linking School Effectiveness and School Improvement. Philadelphia: Open University Press.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R. (2012). Manajemen Pendidikan Nasional: Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Zahroh, F. (2019). Rapor Pendidikan sebagai Instrumen Evaluasi dan Perencanaan Strategis. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2025-03-29

Most read articles by the same author(s)