PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATERI BERBAGAI PEKERJAAN (PEKERJAAN DI SEKITARKU) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rega Anisa Theana Universitas Mataram
  • Muhammad Sukri Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16685

Keywords:

Kata Kunci: Media, Pop-up Book, Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Pop-up Book berbasis lingkungan sekitar pada materi berbagai pekerjaan (pekerjaan di sekitarku) di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop-up Book berbasis lingkungan sekitar memperoleh skor ahli media 88%, dan skor penilaian ahli materi 87%, yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik pada tahap uji coba adalah 88%, yang dikategorikan sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-up Book berbasis lingkungan sekitar layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.Hal. 24.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustaka karya. Hal. 27.

Ningsih, Putri Rahayu. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI. Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung.

Putri, Agustin A. (2019). Validasi Efektivitas Penggunaan Soal Tes Asesmen Hasil Pendidikan Karakter Berbasis Film Karakter Pada Siswa yang Bertempat Tinggal di Desa dan Kota Pada Sepuluh SMP di Indonesia. Skripsi: FKIP Universitas Sanata Dharma. Hal. 62.

Safri, M. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), hlm. 109.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal. 177.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Surabaya: Jakad Media Publishing. Hal. 297.

Usman, Uzer., & Setiawati, Lilis. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bangung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal. 4.

Yunita, Dwi dan Astuti Wijayanti. 2017. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keaktifan Siswa”. SOSIOHUMANIORA, 3( 2). hlm. 24.

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)