PENGARUH MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS III SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2022

Authors

  • Maulia Aniisa Sabilla Universitas Mataram
  • Ida Bagus Kade Gunayasa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6682

Keywords:

Media Kantong Bilangan, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Media kantong bilangan merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan materi penjumlahan serta nilai suatu bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Cakranegara yaitu kelas III/A, III/B dan III/C. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan hasil kelas III/A sebagai kelas eksperimen dan kelas III/C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tulis pre-test dan post-test mengenai materi penjumlahan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan media kantong bilangan. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 82,61 dan kelas kontrol sebesar 70,00. Berdasarkan analisis dengan uji N-Gain hasil kelas kontrol adalah sebesar 0,3038 yang termasuk dalam kategori sedang dan kelas eksperimen adalah sebesar 0,7257 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas III SDN 1 Cakranegara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Jakarta : Rosda Karya.

Asri, E. Y & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika UNY.

Azwar. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ermiana, Ida., Oktaviyanty, Itsna., Fauzi, Asri., Hidayati, Vivi Rachmatul., & Setiawan, Heri. (2020). Workshop Pembuatan Media Puzzle Berbahan Kardus Bekas Berbasis Tematik Di Sd Negeri 1 Tamansari. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 194.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura : Jurnal Pendidikan, 32-33.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Istiningsih, Siti., dkk. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pop Up Box Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Cerita Fiksi untuk Pendidikan Inklusi Kelas IV SD Negeri 1 Darek. Jurnal Elementary, 15-16.

Sudjana, Nana., Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Widodo, A., Hidayati, Vivi Rachmatul., Fauzi, Asri., & Erfan, Muhammad. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA, 107-108.

Downloads

Published

2022-12-23