PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBANTUAN KOMIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA

Authors

  • Miatun Ramadhani Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Lalu Wira Zain Amrullah Universitas Mataram
  • Muhammad Erfan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24242

Keywords:

Media Komik, Pemahaman Konsep IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran IPA berbantuan komik terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV SDN 37 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independen sampel t-test dan uji prasyarat yang harus dipenuhi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji independen sampel t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,036 > 2,024 dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,960. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran IPA berbantuan komik terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV di SDN 37 Cakranegara dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A., & Dewi, P. A. (2022). Pengembangan Media E-Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 24-34. Doi: 10.56013/axi.v7i1.1194.

Aini, N., & Hadi, M. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Kelas V SD Karakter Bangsa Depok dengan Media Pembelajaran Matematika Komik Digital. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 158-167.

Aprilia, H. M., Aka, K. A., & Permana, E. P. (2021). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kelud Untuk Materi IPS Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, No. 1, pp. 304-309). Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Andani, S., & Febriana, M. (2024). Pengaruh Media e-Komika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV di SD N 1 Mipiran pada Materi Bangun Datar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 5, No. 1, pp. 102-108).

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th Ed). New York: Routledge.

Danyati, I. P., Putra, M. J. A., & Guslinda, G. (2022). Pengembangan Komik Digital Berbasis Keberagaman Budaya dalam Pembelajaran Sumber Energi di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Sekolah , 7 (1), 1-12. Doi: 10.34125/kp.v7i1.648.

Fuadati, H. R. (2023). Penerapan Komik Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Sekolah Dasar (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hapsari, I., & Amaruddin, H. (2024). Pengembangan Media Komik Strip Untuk Pemahaman Membaca Intensif Siswa Kelas III MI. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2). Doi: 10.30870/jmbsi.v9i2.28565.

Haqiqi, N., & Permadi, B. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema I Subtema I Di Mi The Noor. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 164-172. Doi: 10.32665/jurmia.v2i1.274.

Nuriya, S. A., & Setiyawati, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1829-1843. Doi: 10.23969/jp.v8i1.7717.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928-2939. Doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386. Doi: 10.29303/jipp.v7i2.466.

Rosadi, F., & Karimah, N. A. N. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Komik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (Vol. 1, pp. 87-96).

Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690. Doi: 10.29303/jipp.v6i4.317.

Seran, A. T., Aiman, U., & Yani, A. (2024). Pengaruh Media Kompa (Komik IPA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Topik C Pada Materi Simbiosis Makhluk Hidup Mata Pelajaran IPA Kelas IV UPTD SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kupang. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(1), 85-91.

Downloads

Published

2025-04-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>