PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MUATAN MATERI MAKNA PANCASILA DAN KEBERAGAMAN KELAS 3 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DASAN GERES

Authors

  • Hikmah Nurdian Universitas Mataram
  • Khairun Nisa Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16334

Keywords:

diversity, scrapbook media, Pancasila, and PPKn, keberagaman, media scrapbook, Pancasila, dan PPKn

Abstract

ABSTRACT The aim of this research is to determine the practicality of scrapbook media in PPKn class 3 material at SDN 2 Dasan Geres. This type of research is Research and Development (R & D) using the ADDIE model which has 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The data collection techniques used were media expert validation questionnaires and material expert validation questionnaires, as well as teacher and student response questionnaires. The validity and practicality of the Scrapbook media shows a percentage score of 90%, the validity and practicality of the material shows a percentage score of 96%, the results of the student response questionnaire to the scrapbook media get a percentage score of 88.62%, while the results of the teacher response questionnaire get a percentage score of 92%. Therefore, the Scrapbook media containing material on the meaning of Pancasila and diversity for class 3 at SDN 2 Dasan Geres is practical and can be used in the learning process for Civics subjects.  ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepraktisan media scrapbook pada materi PPKn kelas 3 SDN 2 Dasan Geres. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data tingkat kepraktisan media Scrapbook menunjukkan skor persentase 90%, kevalidan serta kepraktisan materi menunjukkan hasil skor persentase 96%, hasil angket respon siswa terhadap media scrapbook memperoleh skor persentase 88,62%, sedangkan hasil angket respon guru mendapatkan skor persentase 92%. Oleh karena itu media Scrapbook pada muatan materi makna Pancasila dan keberagaman untuk kelas 3 di SDN 2 Dasan Geres praktis dan dapat digunakan pada proses pembelajaran mata Pelajaran PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani,I. (2023). Pengembangan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas Iii Sdn No. 1 Kempo Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoal Dissertation, Universitas Mataram).

Cholisin,M.Si. (2016). Panduan Pembelejaran Kewarganegaraan. Surakarta : Mediatama

Dimyati, dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Fiteriani, I., Ningsih, N.K., Irwandani, I., Santi, K., & Romlah, R. (2021) Media Poster dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (indonesian Journal of Science Education), 9(4), 540-554.

Heryaneu, Y. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Khairunnisa & Ain, Siti Quratul. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (6)5519-5530. https://scholar.google.com/scholar (Di akses pada tanggal 14 Agustus 2023)

Kusnulyaningsih, D., Husnniati., & Jiwando, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Muatan Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 (2) 480 - 486.https://scholar.google.com/scholar (Di akses pada tanggal 14 Agustus 2023)

Mardiah, Rizki M., Tahir M., & Husniati. 2021. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV SDN 38 Ampenan. Jurnal ilmiah profesi pendidikan 6 (3) 417 - 427.https://scholar.google.com/scholar (Di akses pada tanggal 14 Agustus 2023)

Ramdahani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin J. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis andrid pada masa pendemi covid-19 untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penenlitian dan Kajian Kepusakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Budaya Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. MUALLIMUNA, 4(1), 35-49.

Rustandi, A. (2021). Rismayanti,”Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda,’’ J.Jurnal Fasikom-teknologi informasi ilmu computer Universitas Muhammadyah Riau.

Utami, I. S., & Sopaheluwakan, Y. B. (2018). Pengembangan Buku Tempel (Scrapbook) Untuk Memahami Kebudayaan Jepang Dalam Minna Dou You Ni Shuu HIKARI, 6(1), 1-5.

Wahyuni, R.,& Berliani, T. (2018). Pelaksanaan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 108-115.

Yanti, Ida. (2021) Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang. Skripsi S1. Universitas Mataram.

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>