PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 SDN PUNIK

Authors

  • Anisa Fitri Universitas Mataram
  • Khairun Nisa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Abdul Kadir Jaelani PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13045

Keywords:

media pembelajaran, media kokami berbasis proyek, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran di kelas kurang optimal. Dilihat dari motivasi belajar siswa kurang sehingga berpengaruh terhadap perkembangan pengetahuan, kreativitas dan prestasi belajar. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan media kokami (kotak dan kartu misterius) berbasis proyek pada pembelajaran tematik di kelas 3 SDN Punik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Kelayakan ini digunakan sebagai acuan sebelum melakukan uji coba media. Uji validasi dilakukan oleh 2 validator diantaranya yaitu terdapat ahli media dan ahli materi pembelajaran. Pada uji validasi ahli media yaitu terdapat saran dan masukan agar media diperbaiki pada bagian depan kotak diberi gambar yang menarik serta pada bagian kartu diberi gambar supaya tidak terlihat polos sehingga memperoleh skor sebesar 90,7% dan pada uji validasi ahli materi memperoleh saran dan masukan dalam pengembangan di kartu soal dikaitkan dengan berbasis proyek yaitu berupa kegiatan membuat mozaik sebagai produk yang dihasilkan, sehingga memperoleh skor sebesar 94,4%, maka media kokami dikategorikan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran tematik. Kelayakan media kokami melalui hasil uji coba pengguna yaitu peserta didik kelas 3 menyimpulkan bahwa tingkat ketertarikan peserta didik kelas 3 terhadap media kokami berbasis proyek sebesar 90%. Dan hasil angket respon guru terhadap media kokami berbasis proyek sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikatakan bahwa pengembangan media kokami berbasis proyek pada pembelajaran tematik kelas 3 SDN Punik sangat layak untuk dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, W, Sri dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Bumi Aksara

Criticos, 1996. Media selection. Plpmp, T.,&Ely, D. P. (Eds): international Encyclopedia of educational technology, 2nd edition. New york : lawrwnce Erlbaum Associates Publishers.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran . Bandung: Satu Nusa

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran . Bandung: CV Yrama Widya

Fathurrahman. Lalu yani. 2016. Pengembangan Media Kokami (Kotak Dan Kartu Misteri) Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pamenang. Jurnal pendidikan. Vol.2(1):55-63.

Faisal, M., Asrin., & Jaelani., A. K. 2021. Pengaruh Model Pembelakjaran 2wqq1wwqaswReciprocal Teaching Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Keguruan.

https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.351

Kadir, Abdul dan Hanum Asrohah, 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kadir, A. 2004. Melalui Kokami menguasai bahasa Inggris. [serial Online].

http://www.republika.co.id/suplemen/cetak.Detakdetal.agp?mid=1&id=171407&katid-105&kattid1-151.[diakses 1 Februari 2008]

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Rima Wati, Ega. (2016). Ragam Media Pmebelajaran. Yogyakarta : Kata Pena

Rusiana, Yuli. 2014. Penggunaan Media Komai Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Darung Kecamatan Tanggal Kabupaten Jember. Pancaran. Vol 3(4):183-193.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sari, A. Y., Astuti, R. D., & Pendahuluan, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC: (Media of Teaching Oriented and Children), 1(1),

Trianto. 2011. Model pembelajaran terpadu konsep strategi dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: kencana.

Downloads

Published

2024-03-20

Most read articles by the same author(s)