PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN E-BOOK MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS SISWA KELAS RENDAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15741Keywords:
Learning Cycle 5E, E-book, menulis permulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan keefektifan model Learning Cycle 5E berbantuan E-book menulis permulaan pada pembelajaran menulis tegak bersambung kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mixed method penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif-deskriptif dan kuantitatif desain eksperimen dengan bentuk pretest-posttest one group design digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa dokumentasi, tes, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t, dan uji n-gain. Penerapan model Learning Cycle 5E telah terlaksana melalui lima fase dan tujuan pembelajaran yaitu siswa terampil menulis tegak bersambung dengan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Penerapan model Learning Cycle 5E efektif meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II sekolah dasar. Gambaran nilai rata-rata pretest sebesar 68,21 dan nilai rata-rata posttest sebesar 83,14. Nilai rata-rata keterampilan menulis tegak bersambung mengalami peningkatan sebesar 14,93 membuktikan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan menulis tegak bersambung kelas II sekolah dasar.Downloads
References
Budianti, Y., Arrahim., & Ririn, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 842-855.
Budiyono, A., Hair, M. A., Wildani, A., & Firdausiyah, F. (2020). Pengaruh Learning Cycle 5E Berbantuan Permainan Monopoli Fisika Berpoin (Mokain) terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 22-31.
Ginting, J.Br., Kusmana, A., & Sinaga, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menulis Teks Tanggapan Biografi Siswa Kelas VII SMP di Kota Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(3), 231-242.
Hasan, M., Milawati., Darodjat., Tuti, K.H., Tasdin, T., Ahmad., M.A., Azwar, R., Masdiana., & I Made, I.P. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.
Maulani, S., & Iswara, PD (2022). Metode Permainan Bahasa dalam Keterampilan Menulis Tegak Bersambung. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7020–7028.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor, 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Putri, H.D. & Umar, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 168-180.
Sayekti. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2), 91-104.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.
Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.