PENGEMBANGAN ASESMEN APLIKASI QUIZIZZ BERBASIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI IDE POKOK TEKS INFORMATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI DELES KABUPATEN BATANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23024Keywords:
Quizizz app assessment, Teaching at the Right Level, Reading comprehensionAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa dalam mengidentifikasi ide pokok pada teks informatif akibat kurang optimalnya asesmen pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, mendeskripsikan hasil validasi uji kelayakan, dan mendeskripsikan keefektifan asesmen aplikasi quizizz berbasis Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran mengidentifikasi ide pokok teks informatif siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model Borg & Gall, melibatkan siswa kelas IV SD Negeri Deles 03 (9 siswa) untuk uji coba kelompok kecil dan SD Negeri Deles 01 (26 siswa) untuk uji coba kelompok besar. Desain pengembangan asesmen aplikasi tersebut dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran. Asesmen tersebut berupa integrasi konten kearifan lokal dalam teks informatif yang dipadukan dengan instrumen asesmen aplikasi quizizz yang menggabungkan budaya, tradisi, dan cerita rakyat. Hasil validasi menunjukkan asesmen ini sangat layak digunakan dengan skor kelayakan 88,5 dari ahli media dan 89,7 dari ahli materi. Keefektifan asesmen dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata pretest 37,69 menjadi 86,19 pada posttest serta peningkatan ketuntasan siswa dari 0% menjadi 100%. Uji Paired Sample T-Test dan Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan asesmen, sementara uji N-Gain menghasilkan skor 0,827908 (kategori tinggi), membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dengan teknologi, gamifikasi, dan pendekatan pedagogis yang tepat, asesmen ini tidak hanya sebagai alat evaluasi tetapi juga mendorong keterlibatan siswa secara aktif, sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran membaca.Downloads
References
Amelia, K., Rahmi, U., Novrianti, N., & Ramayanti, E. (2024). Pengembangan Asesmen Berbasis HOTS Menggunakan Quizizz pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4901-4912.
Azizah, N. N., & Hidayat, R. (2024). Pengembangan Asesmen Digital Berbasis Game Edukatif Quizizz pada Mata Pelajaran Marketing. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 195-209.
Bela, P. O., Utami, S., & Hermawan, A. (2021). Pengembangan Media Tongtumon untuk Menyajikan Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VII. Patria Eduacational Journal (PEJ), 1(2), 96-106.
DiahratiI, K. (2022). Efektivitas Penggunaan Youtube sebagai Media Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Pacitan).
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS menggunakan aplikasi “quizizz”. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105-124.
Handayani, A. D., Hermansyah, H., & Susanti, D. (2022). Pengaruh Aplikasi Quizizz terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mathematics Education And Application Journal (META), 4(1), 1-7.
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS menggunakan Aplikasi “Quizizz”. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105-124.
Iska, K. A. P. (2022). Asesmen dalam Pembelajaran (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Mulyani, A. (2024). Analisis Asesmen Formatif Quizizz Paper Mode terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 18-18.
Oktaviani, D. T., & Bintartik, L. (2023). Pengenalan Pendekatan Teaching at the Right Level (Tarl) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPS Kelas 5 Kota Malang. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP), 3(10), 4-4.
Purwati, P. D. (2024). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Cahya Ghani Recovery.
Purwati, P. D., Widiyatmoko, A., Ngabiyanto, N., & Kiptiyah, S. M. (2021). Pembekalan Guru SD Gugus Sindoro Blora melalui Workshop Asesmen Nasional menghadapi AKM Nasional. Journal of Community Empowerment, 1(1), 32-40.
Puspitasaari, N. R., Supriana, E., & Liliani, N. T. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (Tarl) pada Keterampilan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 16-16.
Rahmadani, N., Dongoran, A. M. T., & Harahap, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 15(2).
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Rosyidah, L., Hermawan, A., & Utami, S. (2023). Pengembangan Media Belanja Kata dan Gambar untuk Menulis Teks Deskripsi dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP/MTs. Patria Eduacational Journal (PEJ), 3(2), 131-142.
Rosyidah, N., & Hidayah, I. N. (2024). Analisis Pendekatan TaRL dalam Model Pembelajaran PJBL pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 5-5.
Rusanti, F., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan Media Puzzle berbasis Make a Match Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 344-352.
Widyastuti, S. A., & Syahputra, H. J. (2024). Penerapan Quizizz dalam Bentuk QR-Code pada Siswa Kelas IV untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(6), 1181-1189.
Zuhairawati, Z. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menemukan Ide Pokok Paragraf melalui Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada Siswa Kelas VC MIN 10 Aceh Besar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.