IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SEBERKAS LASER KOMIT BERI SABTU SEHAT CERIA DI SDN INPRES KOMBO TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Ratu Karmila Universitas Mataram
  • Khairun Nisa Universitas Mataram
  • Prayogi Dwina Angga Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15635

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Pembiasaan

Abstract

  ABSTRAK Tujuan penelian ini adalah mengetahui pengaruh implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan Seberkas Laser Komit Beri Sabtu Sehat Ceria terhadap internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik SDN Inpres Kombo, dan Mendeskripsikan model pembiasaan Seberkas Laser Komit Beri Sabtu Sehat Ceria dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik SDN Inpres Kombo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau dilokasi penelitian. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah  kepala sekolah,guru dan siswa kelas I dan kelas IV. Analisis data yang digunakan adalah Analisis data Kualitatif, penelitian yang peneliti gunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga pencatatan informasi yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan data dalam situasi yang sebenarnya tentang kegiatan-kegiatan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Inpres Kombo Tahun Ajaran 2022/2023. Dan adapun hasil yang diperoleh pada tahap penelitian lapangan ini adalah implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Seberkas Laser Komit Beri Sabtu Sehat Ceria di SDN Inpres Kombo sudah berjalan dengan baik dan lancar. Hasilnya menunjukkan perubahan siswa yang sangat positif. Pembiasaan mampu merubah perilaku dan gaya bahasa siswa menjadi lebih baik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Armani., (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan islam. Jakarta:Ciputat Press.

Arikunto, Suharsimi., (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimas, (2005). Pembiasaan: Membentuk Karakter Anak Melalui Kebiasaan Positif. Jakarta: Pustaka Mandiri. Sumber Lain https://ms.wikipedia.org/wiki/Pembiasaan

Fadlillah, Muhammad & Lilif, M,. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Fathoni, Abdurrahmat., (2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunawan, Heri., (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.

Hendri., (2003). Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Koesoema, Donie., (2011). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman

Global. Jakarta, PT Grasindo.

Karen B., (2010). strategi Pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah Bandung:Alfabeta.

Kemendikbud. 2018. Pembentukan karakter anak perlu dibiasakan sejak usia dini. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2039

Licona., (1999) .konsep moral pendidikan karakter berkaitan dengan konsep moral (moral knowing), sikap moral (moral feeling) dan perilaku moral (moral behavior

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Rajagrafinda Pers. SUMBER LAIN. Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publications.

Mulyasa, E., (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur., (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin S., (2010). Psikologi Pendidikan.Bandung: Rosdakarya.

Narwanti, Sri. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.

Ningsih, Tutuk., (2014). Implementasi PendidikanKarakter. Purwokerto: Stain Press.

Rahmawati, D. (2012). Pembiasaan sehat ceria. Jakarta: Grasindo.

Samani, Muchlas & Hariyanto., (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya.

Saptono., (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Erlangga.

Sugiyono., (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukandarrumidi., (2012). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Suyadi., (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Sukandarrumidi., (2012). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Sugiyono., (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Suyanto, W. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Wibowo, A. (2007). Pendidikan karakter: Solusi membangun bangsa yang bermartabat. Jakarta: Grasindo

Suyono, D. (2014). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Syarifudin, A. (2017). Pendidikan karakter: Konsep, teori, dan implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Supriyanto & Wahyudi. (2020). Karakter: Konsep, Teori, dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, Ardy N., (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, Ardy N., (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, Ardy N., (2018). Pendidikan Karakter Anak Konsep dan Implementasinya di SD dan MI. Purwokerto: Stain Press.

Wibowo, A. (2007). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya,Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Yanti, E. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Moral Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 20 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Karakter Universitas Lampung, 2(1), 1-10

Zubaedi., (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter untuk PAUD dan Sekolah Dasar.Depok: Raja press.

Downloads

Published

2024-07-03