ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Annisa Pebrianti Universitas Jambi
  • Ahmad Hariandi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi
  • Eka Sastrawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15192

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kecerdasan interpersonal siswa dan faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa pada kelas V Sekolah Dasar di SDN 168/1 Tidar Kuranji. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kedua siswa kelas V memiliki kecerdasan interpersonal yang kurang. Hal ini ditunjukkan dengan karakteristik yang dimiliki siswa masih belum sesuai dengan aspek karakteristik kecerdasan interpersonal yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa yang kurang berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya, nutrisi, dan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa belum memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan karakteristik kecerdasan interpersonal yang baik belum dimiliki oleh siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa yang kurang berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya, nutrisi, dan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, Thomas. (2003). Setiap Anak Cerdas, Jakarta: Gramedia Pustaka

Darius, said. (2016), Hubungan Kecerdasan Siswa Dengan Perilaku Verbal Bullying Di SD Negeri 04 Banda Aceh, Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 7-15

Juniarti Farid., dkk (2018). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di RA Al Hidayah Bandung. Jurnal Ceria, 1(5), 3-5

Marpaung, Junierissa. (2017) “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak”. Jurnal Kopasta, 4(1), 7-15

Oviyanti, F. (2017). Urgensi kecerdasan interpersonal bagi guru. Tadrib, 3(1), 75-97

Nurul, N. F., Sari, R., & Rahayu, N. (2022). Relevansi Verbal Bulliying dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(1), 60–85. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v7i1.4183

Rosidin, L., Sarifah, I., & Yudha, C. B. (2024). ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 30–35.

Sugiarto. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 4).

Tsalisa, H. H. (2024). Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Rasa Toleransi Beragama di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.125

Vinne Khusnia Alfiatul Laila, Wiwik Sulistiani, L. A. (2018). Jurnal Psikologi. Jurnal Psikologi, 3(0331), 43–54. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/1d71/2c8c15df1d727dc8ace3db8b3edc49900449.pdf

Downloads

Published

2024-06-28