ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15192Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kecerdasan interpersonal siswa dan faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa pada kelas V Sekolah Dasar di SDN 168/1 Tidar Kuranji. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kedua siswa kelas V memiliki kecerdasan interpersonal yang kurang. Hal ini ditunjukkan dengan karakteristik yang dimiliki siswa masih belum sesuai dengan aspek karakteristik kecerdasan interpersonal yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa yang kurang berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya, nutrisi, dan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa belum memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan karakteristik kecerdasan interpersonal yang baik belum dimiliki oleh siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal siswa yang kurang berasal dari lingkungan keluarga, teman sebaya, nutrisi, dan sekolah.Downloads
References
Amstrong, Thomas. (2003). Setiap Anak Cerdas, Jakarta: Gramedia Pustaka
Darius, said. (2016), Hubungan Kecerdasan Siswa Dengan Perilaku Verbal Bullying Di SD Negeri 04 Banda Aceh, Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 7-15
Juniarti Farid., dkk (2018). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di RA Al Hidayah Bandung. Jurnal Ceria, 1(5), 3-5
Marpaung, Junierissa. (2017) “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak”. Jurnal Kopasta, 4(1), 7-15
Oviyanti, F. (2017). Urgensi kecerdasan interpersonal bagi guru. Tadrib, 3(1), 75-97
Nurul, N. F., Sari, R., & Rahayu, N. (2022). Relevansi Verbal Bulliying dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(1), 60–85. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v7i1.4183
Rosidin, L., Sarifah, I., & Yudha, C. B. (2024). ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 30–35.
Sugiarto. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 4).
Tsalisa, H. H. (2024). Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Rasa Toleransi Beragama di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.125
Vinne Khusnia Alfiatul Laila, Wiwik Sulistiani, L. A. (2018). Jurnal Psikologi. Jurnal Psikologi, 3(0331), 43–54. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/1d71/2c8c15df1d727dc8ace3db8b3edc49900449.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.