EVALUASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Wiga Rahmayanti Universitas Jambi
  • Gessy Frischa Oktavia Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia
  • Nazurti Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia
  • Indriani Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia
  • Eka Sastrawati Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13373

Abstract

Dalam penelitian ini membahas mengenai evaluasi kompetensi guru penggerak dalam mewujudkan kepemimpinan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi kompetensi guru penggerak dalam mewujudkan kepemimpinan pembelajaran. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Guru penggerak merupakan salah satu agen perubahan, guru penggerak memiliki peran penting dalam mewujudkan kepemimpinan belajar serta berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun komunitas praktisi yang efektif. Beberapa peran penting guru penggerak adalah Meningkatkan kualitas kepemimpinan peserta didik, Membangun komunitas praktisi, Mewujudkan kepemimpinan murid, Menggerakkan komunitas belajar professional, Mewujudkan kepemimpinan belajar, serta Menggerakkan perubahan dalam ekosistem Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyan, L. A., Lubis, S. H. H., Rusdiman, A. A., Gultom, S. G., & Simaremare, A. S. (2022). Gambaran Kepemimpingan Pembelajaran Guru Penggerak. Syntax Idea, 4(6), 1000-1009.

Bafadal, M. R., Roesminingsih, E., & Sumbawati, M. S. (2022). Implementasi kepemimpinan pembelajaran untuk mewujudkan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 77-86.

Damayanti, D., & Asbari, M. (2024). Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 5-10.

D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1967-1972.

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82-88.

Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101-109Tahajudin,

Rohman, M. F., Sudirman, S., Waluyo, U., Sumardi, L., & Fahruddin, F. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Guru Penggerak di Kabupaten Lombok Utara NTB. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1128-1137.

Samari, S. (2022). Pengaruh kompetensi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 163-169.

Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130-144.

Sodik, N., Oviyanti, F., & Afgani, M. W. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Wijdãn Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 136-149.

Tanama, Y. J., Bafadal, I., & Degeng, N. S. (2017, May). Pentingnya kepemimpinan pembelajaran di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi Kompetensi Guru Penggerak Dalam Menerapkan Merdeka Belajar SMK Di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187-200.

Downloads

Published

2024-04-28