ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS II SDN 4 BUWUN MAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14407Keywords:
Literasi, Baca tulis, Rndahnya literasi baca tulis.Abstract
Literasi baca tulis merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam kegiatan membaca dan menulis. Kemampuan literasi baca tulis harus dimiliki oleh siswa untuk mempelajari berbagai bidang ilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca tulis siswa kelas 2 dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa kelas 2 SDN 4 Buwun Mas. Jenis penelitian menggunakan Kualitatif dengan design penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitan yaitu 6 orang siswa kelas 2 SDN 4 Buwun Mas, guru wali kelas 2, dan kepala sekolah. Objek dalam penelitian ini yakni faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca tulis siswa dan Upaya yang dilakukan oleh guru di SDN 4 Buwun Mas untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi menggunakan lembar observasi, wawancara dengan pedoman wawancara dan dokumentasi transkip hasil wawancara dan hasil kemampuan literasi baca tulis siswa kelas 2 SDn 4 Buwun Mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca tulis siswa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal meliputi rendahnya kemampuan intelektual siswa, dan rendahnya motivasi serta minat siswa dalam belajar. Eksternal meliputi kurangnya perhatian orangtua, ketersediaan fasilitas belajar, kemampuan guru, pelaksanaan GLS belum optimal, dan kurangnya pemanfaatan sarana prasarana sekolah. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa yaitu memberi motivasi, pemilihan bahan bacaan yang sesuai, dan peningkatan kemampuan guru.Downloads
References
Destianingsih, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca- Tulis Siswa kelas 3 Di SDN Utan Kayu Selatan 05. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(02); https://journal.unpas.ac.id/inde x.php/pendas/article/view/1006 1
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pelajaran Bahasa. Didaktia 9(1) 56-42.
Kemendikbudristek. (2018). Gerakan Literasi Nasional: Materi Pendukung Literasi Baca-Tulis. Kemendikbud. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.