IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI DASAR SISWA KELAS III SDN 3 DAREK TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6866Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kempuan literasi dasar siswa kelas III SDN 3 Darek. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,wawancara dan dokumntasi. Analisis data menggunakan analisis data berdasarkan Milles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan wali kelas III di SDN 3 Darek. Setelah dilakukan tes untuk mengetahui kemampuan literasi dasar peserta didik kelas III SDN 3 Darek terdapat tidak ada peserta didik pada level huruf, 7 peserta didik pada level kata, 5 peserta didik pada level paragraf dan 4 peserta didik pada level cerita 2. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi dasar peserta didik sebagai berikut: 1) Adanya minat membaca dalam diri peserta didik, 2) peserta didik selama proses pembelajaran dibiasakan untuk membaca dengan memberikan arahan, 3) peserta didik pernah menempuh pendidikan taman kanak-kanak lebih mampu memiliki kemampuan membaca yang baik, 4) Adanya bimbingan dan motivasi dari orang tua peserta didik, 5) Orang tua berpendidikan rendah kurang memperhatikan kegiatan belajar anaknya dirumah. Kata Kunci : Literasi Dasar, KemampuanDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.