IMPLEMENTASI PROGRAM SABTU BUDAYA DALAM PENGUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DAN INTEGRITAS SISWA SD NEGERI 2 SEMAYAN

Authors

  • Vita Fazriyanti Universitas Mataram
  • Khairun Nisa Universitas Mataram
  • Lalu Wira Zain Amrullah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21448

Keywords:

Program Sabtu Budaya, Penguatan Nilai Pendidikan Karakter, Karakter Mandiri, Karakter Integritas.

Abstract

ABSTRAK Program Sabtu Budaya merupakan serangkaian kegiatan kebudayaan yang dilakukan setiap hari sabtu di sekolah dasar yang bertujuan untuk dalam menanamkan nilai-nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi dan kendala program sabtu budaya sebagai solusi penguatan pendidikan karakter Siswa SDN 2 Semayan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian meliputi tari tradisional, lagu tradisional, permainan tradisional, dan pakaian adat. Selanjutnya, data yang dikumpulkan disesuaikan dengan implementasi nilai karakter dalam program sabtu budaya di SDN 2 Semayan yaitu karakter mandiri dan karakter integritas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa karakter mandiri tercermin ketika peserta didik tidak patah semangat saat mendapat kritik dan saran, bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tanggung jawab, berani menampilkan pertunjukan budaya, dan bekerja keras dengan berlatih lebih intens mempersiapkan pertunjukan sabtu budaya. Selanjutnya karakter integritas tercermin pada perilaku peserta didik yang tidak menghindar dari tugas dan bertanggung jawab menampilkan pertunjukan budaya daerah, berpartisipasi gotong royong, disiplin, taat pada aturan, serta bersikap empati kepada orang lain, dan berkomitmen menggunakan pakaian berdasarkan ketentuan sekolah, serta bersikap sopan santun kepada seluruh warga sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqadri, B., Rispawati, R., Kurniawansyah, E., Aulia, D., & Nurmayanti, A. (2023). Efektivitas Rangkaian Kegiatan Sabtu Budaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2536-2540.

Halawati, F., & Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Siswa MI. Education and Human Development Journal, 51-60.

Junik, A. F., & Rahmawati, S. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V di Gugus II Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia.

Kurniawansyah, E., & Rodiatun. (2022), Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Kegiatan Pekan Sabtu Budaya di SMA Negeri 1 Keruak, (Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA), 2022, 5 (2): 290-294

Lail, J., & Widad, R. (2016). Belajar Tari Tradisional dalam Upaya Melestarikan Tarian Asli Indonesia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol. 4, No. 2.

Makorohim, M. F., Soegiyanto, Hidayah, T., & Rahayu, S. (2021). Eksistensi Permainan dan Olahraga Tradisional di Provinsi Riau. Zahira Media Publisher.

Muzaro’ah, S. (2023). Program Layanan Pengembangan Konsep Diri Dalam Membentuk Kesadaran Disiplin Belajar Siswa Di Sekolah

Nurya, Sintia. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gerakan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas Awal di SDN 1 Kempo. (Skripsi Sarjana, Universitas Mataram).

Nuryadi, M. H., Widiatmaka, P., & Hakim, M. L. (2024). Peran Guru PPKn Dalam Menjaga Eksistensi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Kepribadian Bangsa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, Vol.8 No.1.

Nurmayanti, A. Ismail, M. Sawaluddin., & Yuliatin. (2023), Implementasi Program Sabtu Budaya Sebagai Penguatan Civic Disposition di SMP Negeri 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.1b: 602-612.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)