PENGARUH MEDIA MAGIC BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN MOTORIK HALUS SISWA PAUD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14321Abstract
Anak adalah anugerah dari Tuhan. Pengasuhan dan pendidikan anak adalah tanggung jawab orang tua. Sejak usia dini, orang tua harus memperhatikan kemampuan anaknya dalam agama, moralitas sosial, kognisi, bahasa, keterampilan motorik dan seni. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan media pembelajaran berupa Magic Book untuk mempelajari perkembangan kognitif dan motorik halus anak. Penelitian ini menggunakan magic book untuk mencapai perkembangan kognitif dan melatih keterampilan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data eksploratif yang meliputi penelitian kuantitatif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan observasi dan wawancara penulis pada penelitian ini, pemanfaatan media magic book sebagai sarana pembelajaran dapat digunakan untuk melatih perkembangan kognitif dan motorik anak usia 3-4 tahun yang tercermin dari kemampuan anak dalam mengenal huruf dan angka dan melatih keterampilan menulis anakDownloads
References
Amalia, I. A. (2016). Aspek Perkembangan Motorik dan Hubungannya Dengan Aspek Fisik dan Intelektual Anak. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1).
Arif, M., & Shofiyah, L. (2020). Penggunaan “Ape Magic Straws” Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Motoric, 4(2), 200-206.
Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Galuh, B, P., & Ariska, I. ( 2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Berbagai Pola Pada Kelompok A Paud Al-Ikhlas. Jurnal Pendidikan Mutiara, 6(1), 86-92.
Kusmiyati, B Purnomo (2019). Pelatihan pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran pada guru di PPT Nur Insan Surabaya, Jurnal Community Development and Society 1 (2) 94
Kusmiyati, Ardianik; Suharti Kadar (2018). Iptek bagi Masyarakat Usaha Meningkatkan Pembelajaran Matematlka yang Inovatif dan Menyenangkan Berbantuan Media Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar.JPM 17, Jurnal Pengapdian masyarakat 3 ( 10 )
Kusmiyati, Budi martono, Ni Nyoman Sarmi ( 2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai alat permainan edukatif (APE) untuk meningkatkan berbagai aspek perkembangan Anak Usia Dini. Book Chapter Abdimas Pendidikan, Teknologi, ilmu Komunikasi, Hukum, Pertanian, pangan dan perikanan universitas Dr Soetomo.
Mukaromah, Y. H. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjiplak Pada Anak Kelas I Di SD Negeri 9 Terangun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
Musyarofah, M. (2017). Pengembangan aspek sosial anak usia dini di taman kanak-kanak Aba IV Mangli Jember tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99-122.
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6-12.
Nurmaya, I., Mering, A., & Ali, M. (2020). Perkembangan Keterampilan Motorik Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Harapan Indah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(12).
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan keterampilan gerak dasar sebagai stimulasi motorik bagi anak taman kanak-kanak melalui aktivitas jasmani. Jurnal Pendidikan
Jasmani Indonesia, 9(1).
Roostin, E. (2019). Penggunaan Media Geometri untuk Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Menciptakan Bentuk. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.10 Mengenal Keterampilan Motorik pada anak Usia Dini - PAUD Pedia. Retrieved on July 30 2022 from https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/mengenal-keterampilan-motorik-pada-anak-usia-dini?id=898&ix=47
Rozana, S., Wulan, D. S. A., & Hayati, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Medan: Edu Publisher.
Sari, N. M., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Geoboard terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bentuk Geometri pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–10
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono., Yuliani & Nurani. (2008). Metode Pengembangan Koqnitif. Jakarta : Universitas Terbuka
Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 66-75.
Sutisna, N., & Rachmawati, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Pada Siswa Cerebral Palsy Tipe Spastik. Pedagogia, 16(1), 35-43.
Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat. Yogyakarta: Hikayat
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar
Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 118-123.
Wahyuningsih, Y. (2015). Mengoptimalkan Perkembangan Sosio emosional Anak Usia Dini
Melalui Media Wayang. EduHumaniora, 6(1), 8-13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.