PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE KOLABORASI PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 4 DI SMAN 7 MATARAM

Authors

  • Indri Sofiana Universitas Mataram
  • Hairil Wadi Universitas Mataram
  • Suud Universitas Mataram
  • Masyhuri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13951

Keywords:

Model Pembelajaran, Partisipasi, Karakter Demokratis

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi dan karakter demokratis siswa pada mata pelajaran sosiologi. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran prediction guide kolaborasi probing prompting dapat meningkatkan partisipasi dan karakter demokratis siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 4 SMAN 7 Mataram. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa dan guru sosiologi kelas XI IPS 4 SMAN 7 Mataram. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan penerapan model pembelajaran prediction guide kolaborasi probing prompting terlaksana 72%, partisipasi siswa 63%, dan karakter demokratis siswa 67%. Kemudian pada siklus II menunjukkan penerapan model pembelajaran prediction guide kolaborasi probing prompting terlaksana 93%, partisipasi siswa 85%, dan karakter demokratis siswa 91%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Betari, R., & Junaidi, J. (2020). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Prediction Guide Dengan Media Gambar Kelas X Ips 3 Sman12 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 19-26.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi Pembelajaran

Mansyur, U. (2018). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Fakultas Sastra. Universitas Muslim Indonesia, 6(1), 1-9.

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204–210.

Pariera, S. (2015). Pentingnya Rancangan Pembelajaran Sosiologi Bagi Dunia Pendidikan Di Timor Leste. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 109.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Swarjawa, I Wyn. Eka, Md. Suarjana, Dan Ni Nym. Garminah. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sebatu. Singaraja: Jurnal Undiksha, 1(1): 1-13.

Wadi, H., Syafruddin., & Sukardi. (2019). Lesson Study Cooperatif Learning Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas Vii Smp 1 Narmada. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2), 137-143.

Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokratis Siswa Pada Pelajaran Pkn Kelas V Di Sd Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Downloads

Published

2024-05-26

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2