POLA KERJA SAMA PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS DESA TIRTANADI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR DENGAN WALI SANTRI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11492Keywords:
Kata Kunci: Pola Kerjasama, Pondok Pesantren, Wali Santri, Pelayanan, Dampak Pola Kerjasama.Abstract
ABSTRAKTujuan Penelitian: (1) mengetahui pola kerjasama pondok pesantren dengan wali santri dalam meningkatkan pelayanan kepada santri dan (2) mengetahui dampak kerjasama pondok pesantren dengan wali santri terhadap pelayanan kepada santri. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Jenis data pada penelitian ini menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Data yang terdapat pada penelitian ini bersumber dari subjek dan informan ahli dengan tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan teknik analisis kualitaif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat 5 pola kerjasama pondok pesantren dengan wali santri dalam meningkatkan pelayanan kepada santri yaitu pola kerjasama kerukunan, pola kerjasama bargainning, pola kerjasama kooptasi, pola kerjasama koalisi dan pola kerjasama joint venture, (2) Terdapat 5 dampak positif pola kerjasama pondok pesantren dengan wali santri dalam meningkatkan pelayanan kepada santri yaitu meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah, memperluas jaringan, meningkatkan pembelajaran, dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan kerja dan, meningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan.Downloads
References
Astuti, Budjang, G. & Okkianna. (2016). Pola Interaksi Sosial Asosiatif Dalam Bentuk Kerjasama Antar Kelompok Nelayan di Desa Ramayadi. Pontianak
Irfani, A. ( 2018). Pola Kerukunan Melayu dan Tionghoa Dikota Singkawang. Jurnal IAIN Pontianak (Instutut Agama Islam Negeri). 12 (1), 1-16
Kurniawan, A. (2014). Manajemen Kerjasama Lembaga Pendidikan Islam dengan Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren Alam Internasional Saung Balong Al-Barokah Cisambeng Palasah Majalengka). Holistik 15(1)
Laras, D, Z. Salim, I. & Sulistyarini. (2018). Interaksi Sosial Asosiatif Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kota. Pontianak
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.