PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK KELOMPOK B DI PAUD SEMAI HARAPAN BANGSA KOTA MATARAM

Authors

  • Rahayu Wulandari Universitas Mataram
  • Abdul Kadir Jaelani Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Ika Rachmayani Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Fahruddin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12719

Keywords:

Habituation Method, Spiritual Intelligence, Group B

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual  anak kelompok B di PAUD Semai Harapan Bangsa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh anak kelompok B. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Sampling jenuh yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametris dengan uji t. Hasil penelitian metode pembiasaan memperoleh skor 2213 dengan rata-rata 74 dan  hasil kecerdasan spiritual skor 2385 dengan rata-rata persentase 80. Teknik  analisis  berupa  uji  prasyarat analisis  dan  uji  hipotesis.  Adapun  uji  prasyarat  analisis  meliputi:  uji normalitas.  Sedangkan  uji  hipotesis menggunakan  uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 20.0 memperoleh nilai t hitung > t tabel (2.243 > 2.045), artinya H0 (Hipotesis Nol) ditolak dan Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual anak kelompok B di PAUD Semai Harapan Bangsa Kota Mataram.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, N. R. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Agama Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Amalia, J., Jaelani, A. K., & Rachmayani, I. (2023). Meningkatkan Nilai Agama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 149-155.

https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/3069

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Elkhaira, I., & Wirman, A. (2021). Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Pembiasaan Ucapan yang Baik terhadap Anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 95-105.

Habibi, Muazar. (2020). Seni Mendidik Anak Nukilan Hikmah Menjadi Orang Tua Efektif. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayat, M. S. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang.

Khoir, F. Z. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Melalui Penerapan Metode Pembiasaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Baitul Ghufron Kec. Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021-2022 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Nonita, E. S., Nurhasanah, N., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas VI di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 314-320. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/245

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Purwanto, Ngalim. (2014). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Putri, I., Karta, I. W., Astini, B. N., & Jaelani, A. K. (2022). Pengasuhan Pada Keluarga Petani Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Jempong Baru Kecamatan sekarbela. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(1), 46-50.

https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/57/54

Rahayu, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). http://eprints.unm.ac.id/10892/

Rosyida, N. R., & Endang, P. S. (2016). Pengaruh Metode Pembiasaan terhadap Perilaku Moral Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 1-5

https://core.ac.uk/download/pdf/230643343.pdf

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif Dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surifah, J., Rosidah, L., & Fahmi, F. (2018). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Ex-Post Facto Di KB-TKIT Raudhatul Jannah Cilegon Banten). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 113-124.

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4699

Susilawati, E., Sulaeman, O., & Kurniawan, A. (2022). PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK. Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 458-466.

https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/565

Setiawati, D., Rachmayani, I., & Jaelani, A. K. (2022). Pemetaan Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5–6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Downloads

Published

2024-03-10