IDENTIFIKASI MASALAH NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA DI SD GUGUS III KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12683Keywords:
Masalah Non Akademik, Peserta Didik Kelas 5, Upaya PenanggulanganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah non akademik yang masih menjadi permasalahan di sekolah dasar. Masalah non akademik merupakan permasalahan terkait perilaku peserta didik seperti bullying antar sesama, kurangnya kedisiplinan, dan masalah kenakalan. Apabila masalah non akademik ini tidak segera ditangani maka dapat menimbulkan dampak yang buruk dan mempengaruhi prestasi belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan masalah non akademik peserta didik dan upaya penanggulangannya di SD Gugus III Kecamatan Batukliang Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitan ini adalah guru beserta seluruh siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Batukliang yang berjumlah 236 orang. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 55 orang beserta siswa kelas V yang berjumlah 120 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penanggulangan bullying memperoleh persentase 93%, upaya penanggulangan kedisiplinan memperoleh persentase 97%, dan upaya penanggulangan kenakalan memperoleh persentase 89%. Berdasarkan hasil tersebut upaya penanggulangan masalah non akademik di SD Gugus III Kecamatan Batukliang sudah baik akan tetapi belum maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan persentase pada masalah bullying dengan skor persentase 84%, masalah kedisiplinan dengan perolehan persentase 85%, dan masalah kenakalan dengan perolehan persentase 88%. Oleh karena itu, perlunya dilakukan upaya preventif (pencegahan) untuk mencegah terjadinya masalah non akademik di sekolah.Downloads
References
Anjarwani, Rina. 2014. Kajian Faktor-Faktor Akademik Dan Non Akademik Mahasiswa Biologi Berkesulitan Belajar Di Universitas Negeri Semarang. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Skripsi
Apriana, Sukanik. 2017. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jonggat Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Perpustakaan UIN Mataram.
Apsari, Fitri. 2016. Pengaruh Metode Reward Dan Punishment Terhadap Perilaku Bullying Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Laweyan Surakarta. 5 (2).
Darmiany., dkk. 2022. Pendampingan Analisis Permasalahan Non Akademik Siswa SD Sebagai Upaya Kolaborasi Guru Dan Orang Tua. Jurnal Warta Desa, 4 (3).
Jan, Afroz. 2015. Bullying In Elementary Schools: Its Causes And Effects On Students. Journal of Education and Practice. 6 (19).
Mardiah, Anisa Ainul., dkk. 2022. Hubungan Tindakan Bullying antar Siswa dengan Moralitas Siswa SDN 1 Telagawaru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8 (1).
Membara, Eko Putra., dkk. 2014. Sistem Informasi Akademik SMP Negeri 2 Talang Empat Berbasis Web. Jurnal Infotama, 10 (1).
Nur, Muhammad., dkk. 2022. Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (3).
Sakuta, Tsutomu. 1995. Social Factors Leading to juvenile Delinquency. The Keio Journal Of Medicine. 287-295
Sari, Yuli Permata., dan Welhendri Azwar. 2017. Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10 (2).
Setiowati, Arum., dan Siti Irene Astuti Dwiningrum. 2020. Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Elementary School. 7 (2), 188-196.
Sudaryono., dan Ine Kusuma Aryani. 2021. School Policy In Improving Discipline Character Of Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 13 (2).
Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.
Susanti, Lidia. 2019. Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik Teori dan Implementasinya. Malang: Literasi Nnusantara Abadi.
Tanod, Mareyke Jessy., dkk. 2019. Penyelenggaraan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Umar & Arif Widodo. 2022. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran. Journal Education, 8 (2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.