KEEFEKTIFAN MEDIA BIG BOOK PADA KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS II SDN 37 AMPENAN

Authors

  • Afrah Amelia Universitas Mataram
  • SRH Intiana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12677

Keywords:

Big Book, kalimat sederhana, kemampuan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media Big Book pada kemampuan membaca kalimat sederhana siswa kelas II SDN 37 Ampenan . Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental menggunakan tipe pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 37 Ampenan yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes hasil membaca (pretest posttest) berupa tes lisan dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran . Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji  kolmogrov smirnov  dengan signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene.  Selanjutnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sampel t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 13,38  sedangkan ttable = 1,665 sehingga thitung > ttable dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,00 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya media pembelajaran Big Book efektif terhadap kemampuan membaca kalimat sederhana siswa kelas II SDN 37 Ampenan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963-969.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467-475.

Dalman.(2013).Keterampilan Membaca. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Fatriani, A. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7(1), 1-9.

Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242.

Handayani, Y., Nurasiah, I., & Khaleda, I. (2023). Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring di Kelas 2 SD. Jurnal Basicedu, 7(3), 1518-1529.

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Membaca bahasa dan sastra indonesia, 1(2), 187-194.

Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D. (2014). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4).

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60-78.

Media Big Book Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas Awal Di Sekolah Dasar. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Muammar.(2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: SANABIL.

Nugraha, F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PGSD UNIGA, 2(2).

Nurrohim (2019). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Interaktif Bagi Peserta Didik Kelas II MI Al-Hikmah Tembalang:Universitas Islam Negeri Walisongo.

Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738-745.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.

Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4).

Sisviona, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar kelas II SDN 05 Kapalo Koto (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono., (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syamsiah D, S. D., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Gunung Sari Ii Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 65-72.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Tandian, A. O., Handini, O., & Prihatsari, E. B. (2023). Efektivitas Media Big Book terhadap Kemampuan Membaca Soal Cerita Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 01 Sukorame Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24912-24916.

Trisani, B., Intiana, S. R. H., & Sobri, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 92-98.

Warsilah, D. I. (2020, November). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Terhadap Keterampilan Membaca. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 167-174).

Downloads

Published

2024-03-08

Most read articles by the same author(s)