KEMAMPUAN SOCIAL ADJUSTMENT SISWA SD KELAS V DI GUGUS KHAYANGAN PERMAI LABUHAN LOMBOK

Authors

  • Ardhita Adha Universitas Mataram
  • Ahmad Hari Witono PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14548

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan social adjustment siswa di lingkungan sekolah berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Hurlock. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas V di Gugus Khayangan Permai, Labuhan Lombok. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan social adjustment siswa kelas V di Gugus Khayangan Permai termasuk dalam kriteria “tinggi” dengan persentase sebesar 70%. Indikator penampilan nyata menunjukkan persentase 70%, penyesuaian diri terhadap kelompok 68%, sikap sosial 73%, dan kepuasan pribadi 73%, semuanya termasuk dalam kriteria “tinggi”. Secara keseluruhan, kemampuan social adjustment siswa kelas V di Gugus Khayangan Permai berada dalam kategori tinggi.   Kata Kunci: Social Adjustment, Kemampuan Social Adjustment.   ABSTRACT This research aims to identify the social adjustment ability of students in the school environment based on the social adjustment theory developed by Hurlock. The research methode used is descriptive quantitative. The population of this research includes all fifth-grade students at Gugus Khayangan Permai, Labuhan Lombok. The analysis technique employed is percentage analysis. The results show that the average social adjustment ability of fifth-grade students at Gugus Khayangan Permai is categorized as "high”, with an overall percentage of 70%. The indicators of actual performance show a percentage of 70%, adjustment to groups at 68%, social attitude at 73%, and personal satisfaction at 73%, all of which fall under the “high” category. Thus, the overall social adjustment ability of fifth-grade students at Gugus Khayangan Permai is categorized as high.   Keywords: Social Adjustment, Social Adjustment Ability.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Ahkam, M., Fakhri, Nurfitriany. (2022). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Sosial Siswa. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2 (1): 29-30.

Bukit, Sulastri, Br., Tagela, Umbu., Widrawanto, Yustinus. (2023). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dengan Penyesuaian Sosial Siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 9 (1): 160-161

Dianto, Mori. (2017). Profil Dukungan Sosial Orang Tua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Konseling Care, 1 (1): 46.

Herliani, E., Heryati, E., Madusari, E. A., & Ratnasari, R. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar (SD) Kelas TInggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hurlock, E. B. (2018). Perkembangan Anak Jilid Satu : Edisi Keenam (A. Dharma, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kau, M. A., & Idris, M. (2020). Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4 (3): 265.

Khalilah, E. (2018). Layanan dan Bimbingan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. Journal Of Islamic Guidance and Counseling, 1(1): 57.

Sancoko, Y. G. (2014). Pengaruh Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Kesiswaan Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Teknik Otomotif Kelas XI Di SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, D. E. (2020). Pembentukan Sikap Sosial Siswa Kelas V Homeschooling ABC’D (Affective, Behavior, Cognitive, and Development) Kota Tegal. Semarang: Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Wati, E. K., Maruti, E. S., & Budiarti, M. (2020). Aspek Kerjasama dalam Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (2): 101.

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-06-11

Most read articles by the same author(s)