MEDIA E-LEARNING STORYMAPS BERBANTUAN CROSSWORD PUZZLE MATERI KEKAYAAN ALAM YANG ADA DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN VISUAL SPASIAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ardhita Adha Universitas Mataram
  • Ahmad Hari Witono PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14548

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan social adjustment siswa SD kelas V di Gugus Khayangan Permai Labuhan Lombok kecamatan Pringgabaya kabupaten Lombok Timur berdasarkan indikator social adjustment yang dikembangkan oleh Hurlock. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V di Gugus Khayangan Permai Labuhan Lombok. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan social adjustment siswa kelas V di Gugus Khayangan Permai secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “tinggi” dengan perolehan persentase sebesar 70%. Indikator penampilan nyata adalah 70% termasuk dalam kriteria “tinggi”, indikator penyesuaian diri terhadap kelompok adalah 68% termasuk dalam kriteria “tinggi”, indikator sikap sosial adalah 73% termasuk dalam kriteria “tinggi”, dan indikator kepuasan pribadi adalah 73% yang termasuk dalam kriteria “tinggi”. Dengan demikian secara keseluruhan kemampuan social adjustment siswa kelas V di Gugus Khayangan Permai berkriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dan pihak sekolah secara kolaboratif dalam pemberian layanan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan social adjustment siswa agar memiliki kemampuan berinteraksi dan berkolaborasi yang terorganisir sehingga menjadi pribadi yang positif. Selain itu, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengevaluasi dampak dari permasalahan kemampuan social adjustment di lingkungan sekolah terhadap tugas perkembangan siswa dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Social Adjustment, Kemampuan Social Adjustment, Gugus Khayangan Permai Labuhan Lombok.   ABSTRACTEnglish translation.  This study aims to identify the social adjustment ability of grade V elementary school students in Khayangan Permai Labuhan Lombok Cluster Pringgabaya district East Lombok regency based on social adjustment indicators developed by Hurlock. This study used quantitative descriptive method. The population in this study was all grade V elementary school students in Khayangan Permai Labuhan Lombok Cluster. The data analysis technique used is a percentage technique. The results showed that the average social adjustment ability of grade V students in Khayangan Permai Cluster as a whole was included in the "high" criterion with a percentage gain of 70%. The indicators of real appearance are 70% included in the "high" criterion, the indicators of self-adjustment to the group are 68% included in the "high" criterion, the indicators of social attitudes are 73% included in the "high" criterion, and the personal satisfaction indicator is 73% included in the "high" criterion. Thus the overall social adjustment ability of grade V students in Khayangan Permai Cluster has high criteria. Based on the results of this study, it is recommended that teachers and schools collaboratively provide services regularly to improve students' social adjustment skills so that they have the ability to interact and collaborate in an organized manner so that they become positive personalities. In addition, further study is needed to evaluate the impact of social adjustment ability problems in the school environment on student development tasks and their impact on student learning achievement.   Keywords: Social Adjustment, Social Adjustment Ability, Khayangan Permai Labuhan Lombok Cluster.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Ahkam, M., Fakhri, Nurfitriany. (2022). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Sosial Siswa. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2 (1): 29-30.

Bukit, Sulastri, Br., Tagela, Umbu., Widrawanto, Yustinus. (2023). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal dengan Penyesuaian Sosial Siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 9 (1): 160-161

Dianto, Mori. (2017). Profil Dukungan Sosial Orang Tua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Konseling Care, 1 (1): 46.

Herliani, E., Heryati, E., Madusari, E. A., & Ratnasari, R. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar (SD) Kelas TInggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hurlock, E. B. (2018). Perkembangan Anak Jilid Satu : Edisi Keenam (A. Dharma, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kau, M. A., & Idris, M. (2020). Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4 (3): 265.

Khalilah, E. (2018). Layanan dan Bimbingan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. Journal Of Islamic Guidance and Counseling, 1(1): 57.

Sancoko, Y. G. (2014). Pengaruh Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Kesiswaan Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Teknik Otomotif Kelas XI Di SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, D. E. (2020). Pembentukan Sikap Sosial Siswa Kelas V Homeschooling ABC’D (Affective, Behavior, Cognitive, and Development) Kota Tegal. Semarang: Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Wati, E. K., Maruti, E. S., & Budiarti, M. (2020). Aspek Kerjasama dalam Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (2): 101.

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-06-11

Most read articles by the same author(s)