PENGEMBANGAN MEDIA TANGGA PELANGI BERBASIS TEORI THORNDIKE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 01 GELANGGANG

Authors

  • Toni Muhammad Sahrul Watoni Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi
  • Asri Fauzi
  • Muhammad Makki

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12681

Keywords:

Rainbow Ladder Media, Thorndike’s Theory, Learning Achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media tangga pelangi berbasis Thorndike matematika materi pengukuran satuan panjang di kelas IV SDN 01 Gelanggang yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis/Analisis, Design/Desain, Development/Pengembangan, Implementation/Implementasi, dan  Evaluation/Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Gelanggang sebanyak 25 orang. Sedangkan, objek penelitian ini adalah media tangga pelangi berbasis Thorndike materi pengukuran satuan panjang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kevalidan media tangga pelangi, angket respon guru dan respon siswa untuk mengetahui kepraktisan media tangga pelangi, tes untuk mengukur tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media tangga pelangi berbasis Thorndike memperoleh persentase 86% dengan kriteria valid dari ahli media, persentase 88% dengan kriteria valid dari ahli materi, persentase 90% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa, persentase 93% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, dan persentase 88% dengan kriteria efektif dari hasil tes belajar siswa yang dihitung dengan ketuntasan belajar klasikal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media tangga pelangi berbasis Thorndike materi pengukuran satuan panjang sudah layak dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV SDN 01 Gelanggang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Universitas Bengkulu: Bumi Aksara.

Bungsu, T. K., et al. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Firdaus, A., Taufiq, M., & Nurkamilah, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Presensi Siswa Berbasis Web Dengan Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 537-547. https://doi.org/10.35568/produktif.v6i1.2094

Heruman, H. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jonkenedi, J. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA. BASIC EDUCATION, 6(6), 590-598.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014.

Rufayda, I. (2013). Pengembangan permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika pada materi hubungan antar satuan siswa kelas 3 di MI Attaraqqie Kota Malang. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Teori Behavior (E.Thorndike) dalam Pembelajaran Matematika. In: PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, 174-178.

Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan kemampuan koneksi matematis melalui buku ajar elektronik interaktif (BAEI) yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63-74. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.51

Yeni, E. M., & Marisa, R. (2021). Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013. Variasi: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(2), 67-72. https://doi.org/10.51179/vrs.v13i2.531

Downloads

Published

2024-03-10

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2