PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KINEMASTER PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV DI SDN 4 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16257Keywords:
Video Pembelajaran, KineMaster, Materi Daur Hidup HewanAbstract
Pembelajaran Era digital saat ini menuntut guru untuk terus berinovasi dalam memvariasikan media yang digunakan dalam mengajar diantaranya menggunakan video pembelajara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media video berbasis KineMaster pada materi daur hidup hewan kelas IV SDN 4 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model 4D. Yang terdiri dari 4 tahap yaitu: define (Pendefinisian), design (Perancang), develoment (Pengembangkan), dan Desseminate (Penyebaran). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan persentase hasil uji validasi ahli materi 95,85% dengan kategori sangat valid, ahli media sebesar 85,66% dengan kategori sangat valid, respon siswa sebesar 95,5% dengan kategori sangat praktis, dan respon guru sebesar 96,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis KineMaster pada materi daur hidup hewan kelas IV dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Alwin, Z., Ernalida, E., & Lindyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Dan Saintifik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 10. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312
Anugraha , A., Istiningsih, S, & Zain, M. I (2022). Pembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208-216.
Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46.
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi KineMaster pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.
Istiningsih,S., Darmiany, D., Astria, F.P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 911-920.
Jannah , M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254798.
Musfiqo,H. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. (S.Lamiran, Ed (Isd. Ed). Jakarta: pt. Prestasi Pustakaraya.
Musrifah Mardiani Sanaky, La Moh. Saleh, Henriette D. Titaley, (2021) “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah” Jurnal Simetrik 11(1), 432-439
Norhaliza, E., Istiningsih, S., & Khair, B.N. (2023). Pengembangan Media Bukber (Buku Bergambar) Berbasis Kearifan Lokal Daerah Setempat untuk Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 356-362.
Panggabean, N. H., Danis, A.,& Nadriyah (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 204-218.
Sholiha, M., Taman, B., & Munawaroh, F. (2017). Pengembangan Media kotak Cahaya Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. 10(1), 34-43. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v10il.3602
St Safira, A. L. A. W. I. Y. A. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cyber Kinemaster Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Sudirman, Abdul Kadir jaelani, Widiada 1,1. K., Tahir 1, M., & Radiusman. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1112
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research adn Development) Alfabeta.
Susliana, D., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Materi. 8(3), 0-7. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35618
Veronica, I., Pusari, R. W., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan media scrapbook pada pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 258-266.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.