PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS X MA NURUL HIKMAH

Authors

  • Ach. Fauzi Al Ajib Universitas Dr. Soetomo
  • Hetty Purnamasari Universitas Dr. Soetomo
  • Nuril Huda Universitas Dr. Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12661

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Independence, Understanding, Fiqh Subjects

Abstract

This research aims to determine the effect of the Problem Based Learning Model on Students' Independence and Understanding in Fiqh Subjects in Class X Ma Nurul Hikmah. The research method used is quantitative using a quasi-experimental research design with the One Group Pretest-Posttest type. This research uses test and non-test instruments. The population in this study were class X students at MA Nurul Hikmah, while the samples were classes X-1 and The research results were based on hypothesis testing using SPSS. The first hypothesis obtained a sig value. 0.000 < 0.05 then the problem based learning model can influence learning independence in Fiqh subjects. The second hypothesis obtains a sig value. 0.000 < 0.05 then the problem based learning model can influence students' understanding of Fiqh subjects.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armawati, Abdul Samad, Aisyah Azis. 2020. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII.A SMP Aisyiyah Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Fisika | Volume 3 | Nomor 2 | ISSN: 2302-8939.

Besare, S. 2020. Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25.

Collin, Rose. 2002. Accelerated Learning for The 21st Century (diterjemahkan oleh: Dedy Ahimsah). Jakarta: Nuansa.

Degeng, Nyoman & Degeng, Putu Dian. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Yogyakarta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.

Fitriani, Siti Nurul. 2019. Pembelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI NW Dames. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1, No. 2, Desember 2019.

Gie, The Liang. 2014. Cara Belajar yang Efisien. Cet. I; Yogyakarta: Liberty.

Huda, M. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, Elizabeth B. 2005. Perkembangan Anak Jilid 2. (Alih Bahasa: dr. Med. MeitasariTjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga

Indra, I. 2017. Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa Smp Negeri 2 Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FPTK) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam–Banda Aceh.

Kencanawati, Sang Ayu Made Monik & Sariyasa & Hartawan, I Gusti Nyoman Yudi. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15 (1), 2020.

Kusumawati, Sri Wahyuni & Gunansyah, Ganes. 2013. Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal PGSD. Volume 01 Nomor 02Tahun 2013.

Lestari, Fuji Nia. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020.

Maria, Lita. 2012. Pengaruh Model Somatis Auditori Visual Intelektula terhadap Hasil Belajar Konsep Pembentukan Tanah pada Pembelajaran IPA. Tasikmalaya: UPI Kampus Tasikmalaya.

Meier, Dave. 2013. Metode Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rifa’i, A & Anni, C, T. 2015. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Santrock, John W. 2012. Life Span Development. Alih Bahasa: Achmad Chusairi, Perkembangan Masa Hidup, Edisi Kelima, Jilid 1-2, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sihwinedar, Rinendah. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) Pada Siswa Kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro Tahun Pelajaran 2013/2014. Pancaran, Vol. 4, No. 4, hal 137-148, Nopember 2015.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supraptiningsih, dkk. 2009. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hery, Maria Theresia, 2015. Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimediainteraktif, (Jurnal Ilmiah Edukasi Mtematika (JIEM), Vol.1, No.1).

Huda, M. (2014). Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Killen, Roy. 1998. Effective Teaching Strategis Lesson From Reseach and Practice Second Edition. Australia: Social Science Press.

Purwono, Joni, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio – Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Sebelas Maret. (Volume 2 Nomor 2): 127 – 144.

Subana, M dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia (Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran). Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sutiyono, Akhmad. 2014. Metode Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Social Skill Communicationbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Universitas Pendidikan Indonesia .perpustakaan.upi.edu.

Downloads

Published

2024-03-08